Wednesday, February 1, 2017

Fix Xiaomi Redmi Note 3 Yang Tidak Dapat Charging.



Apakah Xiaomi Redmi Note 3-mu tiba-tiba tidak dapat dicharge? Namun semua fungsi yang lain normal. Nah jika iya artikel ini sangat cocok bagi anda. Namun sebelumnya penulis mengingatkan bahwa lakukan tutorial ini dengan resikomu sendiri alias do it with your own risk dan bukan untuk water damage alias kerusakan karena air.

Tidak dapat dicharge bisa terjadi karena baik hardware maupun software. Untuk itu sebaiknya dipastikan terlebih dahulu penyebabnya adalah kerusakan hardware atau software terlebih dahulu.

Untuk mengecek apakah ini kerusakan software caranya cukup mudah dengan melakukan clean install dengan full wipe (cache, dalvik, system, data, internal memory). Dengan melakukan ini Redmi Note 3 akan benar-benar kembali ke kondisi seperti pabrikan. Lalu kita cek apakah sudah bisa charging atau tidak. Jika sudah bisa charging, berarti permasalahan anda adalah kerusakan software saja. Kerusakan software dapat terjadi jika kita sering oprek-oprek nih dan bermain kernel. Meski dapat kembali ke kernel awal dengan backup twrp. Namun penulis sarankan untuk full flash aja untuk memastikan  softwarenya benar-benar fresh.



Jika tetap bisa charging setelah full flash. Bisa dipastikan kerusakan anda adalah hardware. Biasanya yang rusak adalah charging port. Jika anda memiliki komputer anda dapat memastikan dengan menancapkannya ke komputer dan jika tidak dikenali di komputer, maka charging port anda rusak. Untuk mengantinya termasuk kesulitannya moderate.

Jika anda memiliki sedikit pengetahuan teknis dan yakin dengan kemampuan teknis anda dapat memperbaikinya sendiri. Dan ingat perbaikan ini akan merusak garansi anda, jika milik anda merupakan garansi resmi dari TAM melalui erafone sebaiknya anda garansikan saja. Jika garansi anda adalah garansi distributor silahkan dilanjutkan tutorial ini. Sebab garansi distributor itu ibarat tanpa garansi. Skala kesulitannya adalah 6/10 (dengan 1 paling mudah, 10 paling susah). Berikut adalah yang perlu anda persiapkan.

Part pengganti : - Redmi Note 3 Pro Charging Port Board. Anda dapat mencarinya di online shop dengan harga cukup murah. Penulis mendapatkan part ini seharga Rp. 49.000,- belum termasuk ongkir ke alamat penulis.

Peralatan :
- Plastic spudger (alat pembuka hape). sangat disarankan menggunakan alat ini agar tidak merusak bezel dan backdoor redmi note 3-mu.
- Obeng + (Phillips 00)

Langkah-langkah :

1. Untuk membuka casing Redmi Note 3 Pro dengan desain unibody ini mudah. pertama keluarkan simtray. Lalu gunakan plastic spudger dengan memasukkan celah antara diantara bezel dengan backdoor pada sudut atas dekat tombol volume hingga ujung plastic spudger masuk dan celahnya membesar. Kemudian geser plastik spudger mengelilingi redmi note 3 sehingga bezel dan backdoor terpisah.
2. Setelah backdoor dan bezel terpisah. Buka perlahan dan hati-hati sebab ada kabel Fingerprint scanner yang terhubung antara backdoor dan mainboard. Lepas konektor FP dengan menggunakan plastic spudger.

3. Setelah Backdoor terpisah. yang pertama anda lepas adalah konektor baterai. Hal ini sangat penting agar diproses selanjutnya tidak terjadi konslet pada part yang lain.

4. Lepas segel Mi yang menutup salah satu baut penutup charging board. (dengan ini garansimu sudah hilang, namun jika garansi distri ya anggap saja sudah tidak ada dari awal.)
5. Lepas semua baut pada penutup charging board.

6. Lepas penutup charging board dengan membukanya dari bagian atas. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati.

7. Lepas kabel antena.

8. Lepas kabel penghubung power dan audio ke mainboard.
9. Lepas charging board dengan perlahan. Hati-hati sebab charging board dilekatkan dengan perekat. Selanjutnya anda tinggal mengganti charging board lama dengan charging board baru yang anda beli. Langkah pemasangan sama dengan mengikutinya secara terbalik.

Sebelum memasang kembali FP & backdoor, anda dapat mencoba menancapkannya terlebih dahulu ke charger dan melihat apakah sekarang sudah tercharge. Jika sudah tercharge anda dapat melanjutkan ke pemasangan FP dan backdoor. Perbaikan charging board Redmi Note 3 Pro sudah selesai.

Semoga bermanfaat! Dan lakukan tutorial diatas dengan resiko anda sendiri. Jika anda memiliki tangan yang terampil dan pede dengan kemampuan teknismu, tutorial ini akan sangat menghemat pengeluaran dan waktu daripada mengirimnya ke service center atau konter servis hape dikotamu.

1 comment: