Monday, February 6, 2017

iPhone 8 The NEXT Big Things


Tahun 2017 merupakan tahun yang special bagi iPhone. Tahun ini akan menjadi ulang tahun yang ke 10. Pada 2007 lalu Steve Jobs memperkenalkan iPhone 2G yang merupakan generasi pertama pertama sekaligus merupakan game changer dalam dunia Smartphone, dimana dunia dikagetkan dan mengguncang banyak pemain lama dalam industri phone dengan perubahan radikal. Pada tahun 2007 kita dikagetkan dengan layar sentuh iPhone yang smooth dan sangat berbeda dengan smartphone lain yang menggunakan touch screen pada waktu itu dan saat ini telah menjadi suatu standard sebuah smartphone terutama setelah android pada 2008 juga menggunakan pendekatan yang sama dengan android eclair.

Dan kini kita akan memasuki tahun ke-10 dari iPhone. Banyak yang telah berubah dalam perjalanan yang hampir sepuluh tahun ini. Dan apa yang bisa kita harapkan ke depannya terutama generasi tahun 2017 ini.

Pertama tentu dari segi penamaan. Akankah Apple tetap mengikuti kebiasaannya dengan mengeluarkan dengan nama iPhone 7S & iPhone 7S+ atau langsung mengeluarkan iPhone 8 & iPhone 8+. Karena tahun ini sangat special, kemungkinan besar Apple akan melanggar pattern penamaan mereka selama ini dan juga akan mengeluarkan perubahan desain yang radikal. Kemungkinan yang lain yang mungkin terjadi di ulang tahun iPhone yang ke-10 ini adalah apple akan benar-benar merubah namanya menjadi iPhone Pro. Namun semua itu masih spekulasi yang berputar di jagad maya.

Dari segi fitur, kira-kira fitur apakah yang akan disematkan oleh Apple di iPhone berikutnya. Pertama kita bisa mengharapkan fitur 3D Touch akan lebih ditingkatkan untuk berbagai fungsi-fungsi baru yang lebih baik. Lalu penambahan bahasa untuk Siri & penambahan negara-negara yang disupport untuk berbagai fitur Siri, sayangnya untuk Siri kemungkinan bisa datang ke negara Indonesia masih akan sangat jauh. Perubahan Touch ID yang menyatu dengan layar sehingga screen - boddy rationya akan semakin besar, hal ini menjadi spekulasi karena munculnya patent oleh Apple mengenai finger print scanner yang menyatu dengan layar.

Selanjutnya kita bisa berharap dual lens camera akan muncul ke varian iPhone yang lebih kecil. OIS pada camera yang lebih baik daripada generasi yang sekarang. Untuk megapixel kemungkinan apple akan tetap bertahan di 12 MP, namun akan meningkatkan ukuran pixel sensornya sehingga gambar yang dihasilkan akan lebih baik. Untuk kemampuan foto dengan format RAW (DNG), penulis rasa tetap tidak akan dimunculkan oleh Apple pada camera app bawaan. Lalu peningkatan Portrait Mode untuk bokeh effect bisa dipastikan akan lebih baik dan ada kemungkinan meniru pendekatan android yang bisa merubah kekuatan dari bokeh effect setelah foto diambil. Pada saat ini di iPhone 7+, bokeh effect tidak dapat dirubah seberapa blur backgroundnya.
Berikutnya adalah Wireless Charging sangat mungkin untuk hadir di + variant. Untuk yang standard (iPhone layar kecil) fitur ini kemungkinan tidak akan hadir. Spekulasi ini muncul karena bocornya dokumen pembelian spare part untuk wireless charging dalam jumlah besar oleh Apple. Fitur ini sangat mungkin keluar pada generasi 2017 nanti karena fitur wireless charging sudah menjadi standard di Android Flagship Phone, dan Apple sendiri untuk Apple Watch sudah menggunakan wireless charging. Jadi fitur ini sangat diharapkan hadir pada iPhone berikutnya.

NFC tetap tidak akan hadir di iPhone. Apple Pay dapat berfungsi dengan baik tanpa memerlukan NFC Chip. Lalu untuk high speed file transfer, Apple sudah memiliki solusi sendiri yaitu Air Drop yang memungkin data transfer antara iOs Devices dengan Mac Os Devices melalui wi fi network. 

Dari spekulasi yang beredar saat ini, itulah kira-kira fitur iPhone berikutnya yang akan launching dalam kurang lebih 7 bulan lagi. Mari kita tunggu spekulasi berikutnya disaat semakin mendekati bulan September 2017 nanti.

No comments:

Post a Comment