Friday, March 3, 2017

DJI luncurkan Drone Professional yang weatherproof di MWC 2017


DJI sebagai salah satu produsen quadcopter terbaik untuk aerial video & foto dalam MWC 2017 meluncurkan produk barunya yang diperuntukkan untuk kelas Industri. Difungsikan khusus untuk pemetaan yang diperlukan dalam industri seperti pertambangan, energi, dll. Produk baru DJI yang diberi nama M200 ini mampu membawa beban hingga 2kg dengan jarak jelajah maksimal 7km & waktu terbang hingga 38 menit.




Untuk keperluan industri tentunya M200 dibekali banyak sensor canggih, selain sudah ada sensor untuk menghindari tabrakan seperti yang dijumpai pada phantom series & mavic pro, M200 juga sudah dibekali dengan ADS-B receiver yang oleh DJI diberi nama air sense. Dengan sensor ADS-B ini M200 dapat memperoleh data jika ada pesawat maupun helicopter berawak sedang terbang di kawasan tersebut lengkap dengan informasi yang akurat mengenai posisi mereka. Sehingga pilot M200 dapat mendaratkan drone ini terlebih dahulu sebelum pesawat awak berada dalam jarak yang benar-benar dekat dan beresiko terjadi tabrakan. Jadi karena yang dibekali adalah receiver tentunya pesawat awak tidak dapat mendeteksi posisi M200.

Sensor ADS-B merupakan sensor yang menjadi standart umum dalam penerbangan agar pesawat dapat saling berkomunikasi mengenai posisi dengan pesawat lain secara otomatis dan sangat akurat. Tentunya ini menjadi suatu fitur keamanan yang sangat diharapkan mengingat M200 dapat terbang sangat tinggi dan memiliki berat dan ukuran yang jika bertabrakan dengan pesawat berawak dapat menghasilkan kerusakan yang sangat fatal bagi pesawat berawak.

Fitur lain yang dibawa oleh M200 dan merupakan fitur paling penting bagi sebuah drone kelas industri adalah weatherproof. Dengan kemampuan weatherproof tentunya sangat berguna saat terjadi kebakaran hutan, mengecek bangunan seperti jembatan, pertambangan minyak dll yang selalu dihadapkan dengan cuaca ekstrim seperti angin kencang dan bahkan hujan.


Fitur lainnya adalah telah disiapkan beberapa lokasi untuk kamera yang dapat didengan mudah dihotswap sesuai dengan kebutuhan.

No comments:

Post a Comment