Wednesday, March 15, 2017

Folding Drone trend baru aerial photography di 2017

Folding Drone menjadi suatu trend baru untuk RC Quadcopter. Dengan arms yang dapat dilipat menjadikan penyimpanan quadcopter ini lebih memudahkan baik untuk disimpan maupun dibawa-bawa saat bepergian. Bahkan banyak folding drone yang memposisikan dirinya sebagai selfie drone. 


Berikut adalah folding drone terbaru yang dapat anda beli di Indonesia baik di toko fisik maupun online. Dimulai dari harga yang termurah.


1. FQ777-FQ11 & FQ777-FQ11W

Kedua drone ini adalah drone yang sama dengan berbeda fitur, FQ777-FQ11W sudah dilengkapi dengan wifi FPV sekaligus bisa dikontrol menggunakan smartphone maupun transmitternya. FQ777-FQ11 ini termasuk dalam golongan nano drone alias drone sangat kecil, biasanya lebih kecil dari telapak tangan. 


Keunggulan FQ777-FQ11 berkat menggunakan folding arms ini adalah baterai serta propellernya dapat lebih besar daripada nano drone lainnya seperti CX-10. Akibatnya adalah flight time yang lebih lama serta lebih stabil saat digunakan di outdoor. Keunggulan lain dari Folding Arms ini adalah drone ini tetap dapat disimpan di dalam transmitternya saat dibawa bepergian.

Flight Time FQ777-FQ11 adalah sekitar 9-10 menit, ini adalah waktu yang cukup lama untuk kelas nano drone yang biasanya hanya sekitar 5 menit saja. Lalu untuk FQ777-FQ11W memiliki flight time sekitar 7-9 menit, ini juga sangat menakjubkan karena nano drone wifi lainnya hanya sekitar 3 menit saja.


Drone ini termasuk sangat gesit sehingga cocok untuk dimainkan di outdoor dengan yaw rate yang termasuk lumayan tinggi. Kekurangan dari FQ777-F11 ini adalah belum memiliki barometer sehingga tidak ada altitude hold.

Harga online untuk FQ777-FQ11 adalah mulai dari Rp. 205.000,- sedangkan FQ777-FQ11W adalah mulai dari Rp. 390.000,-. Dari segi harga drone ini sangat cocok untuk pemula dan hiburan keluarga. Dari segi perawatan drone ini spare partnya masih dapat ditemukan secara online terutama untuk arm motornya.


2. JJRC H37 - Elfie

Elfie ini merupakan folding drone dari JJRC salah brand mainan RC terutama heli dan drone yang cukup terkenal dari China. Bentuk dan dimensi Elfie sekilas seperti Dobby Zerotech, namun fitur antaranya keduanya sangat berbeda.

Elfie ini sama seperti FQ777-FQ11 diatas yang masih termasuk kelas toy. Jadi jangan mengharapkan adanya otomasi seperti pada Dobby. Kualitas kamera juga sangat standart tidak WAW, namun cukup jika hanya untuk belajar mengoperasikan drone dan membiasakan diri dengan FPV. Drone ini termasuk durabel serta tidak mudah rusak saat terjatuh karena beratnya hanya sekitar 70g. Termasuk sangat ringan. Lalu sparepartnya juga sangat mudah untuk ditemukan secara online, mulai dari boddy, motor arms, baterai.

Ukuran Elfie saat dilipat adalah sebesar smartphone sehingga dapat dibawah dengan memasukkannya kedalam saku celana atau tas. Kestabilan terbangnya cukup bagus serta telah dilengkapi dengan altitude hold yang memudahkan untuk hovering, meski untuk outdoor membutuhkan manual control saat terjadi drifting karena angin. Namun untuk indoor dapat hovering dengan baik. 

Kekurangan sekaligus kelebihan dari Elfie adalah controllernya hanya menggunakan applikasi di smartphone. Dengan hanya menggunakan touchscreen tentunya bagi beberapa orang tidak terasa nyaman serta responsif. Namun kelebihannya dengan hanya menggunakan app saja tanpa ditandem dengan transmitter seperti toy drone lainnya yang menggunakan wifi FPV adalah flight range elfie menjadi lebih jauh sekitar 100m. Toy Drone wifi FPV lainnya hanya sekitar 30m saja. Karena terjadi gangguan sinyal antara transmitter remote dengan sinyal video FPV yang sama-sama berada di 2.4Ghz.

Harga JJRC H37 - Elfie ini dapat ditemukan secara online mulai Rp. 700.000,-. Sangat murah dan cocok untuk sekedar belajar dan hobby serta karena ukurannya yang termasuk micro drone tentunya sangat menarik untuk dimainkan bersama anak.



3. Zerotech Dobby
Berbeda dengan 2 drone diatas yang masuk dalam kelas Toy, Dobby Zerotech ini sudah termasuk kelas selfie drone canggih dengan berbagai fitur otomatis. 

Sama seperti Elfie diatas, Dobby hanya dikendalikan dengan app tanpa dedicated controller. Dengan flight Range yang sama dengan elfie sekitar maksimal 100m. Flight Time sekitar 9 menit.

Dobby telah dilengkapi dengan berbagai sensor canggih seperti barometer, gps, ultra sonic, dan optic untuk membantu fitur otomasi dari Drone ini. Meski sudah memiliki GPS namun Dobby tidak bisa melakukan otomatis flight plan. GPS pada dobby untuk membantu hovering dan return to home alias posisi remote terakhir jika kehilangan sinyal.

Sebagai kelas selfie drone tentunya dobby dibekali dengan kamera yang baik, untuk video mampu merekam 4K video dan elektronik stabilized video pada 1080P. Serta mampu melakukan follow me, orbit, dll. 

Untuk harga online Dobby mulai Rp 4.500.000,- dan spare part dapat mudah ditemukan di online.



4. Xiro Explorer Mini.
Merupakan versi mini dari Xirotech Explorer. Menggunakan konsep folding drone. FItur otomasi dan sensor mirip dengan Dobby. Namun ukuran yang lebih besar dan masuk dalam kelas mini drone. Memiliki kestabilan yang lebih baik daripada Dobby, serta flight time yang lebih lama hingga 15 menit.


Xiro termasuk rajin dalam meng-upgrade software Xiro Explorer mini sehingga peningkatan serta penambahan fitur baru dapat dinikmati oleh pilotnya. Kontrolnya sama dengan dobby yang hanya menggunakan app di smartphone namun  jarak jangkauhnya lebih pendek sekitar 50m. Namun karena masih tergolong kelas selfie drone tentunya jarang 50m sudah cukup. Keunggulan lainnya dari Xiro Explorer mini sudah dapat dimiliki melalui distributor resmi dengan dukungan garansi resmi, serta spare part yang cukup mudah didapatkan secara online.


Kamera Xiro Explorer Mini hanya mampu hingga 1080P tidak dapat merekam 4K serta tidak ada elektronik stabilizer, namun hasilnya sudah cukup stabil serta mudah untuk distabilkan melalui software komputer seperti after effect.

Harga baik online maupun resmi mulai dari Rp. 5.500.000,-



5. Wingsland S6

Merupakan folding drone yang berasal dari pabrikan di China dengan spesifikasi yang mirip dengan Xiro Explorer mini namun minus smart battery. Konsep yang diusung Wingsland S6 berbeda dengan Dobby maupun Xiro Explorer Mini sebagai selfie drone. Wingsland S6 lebih ke semi sport drone dengan sistem modular yang bisa digunakan untuk dog fight diudara.

Wingsland S6 memiliki beberapa modul seperti search light, emoji light, bahkan sebuah mini gun. Yang menarik adalah mini gun yang berisi 6 peluru plastik tersebut dapat digunakan untuk dog fight diudara melawan wingsland S6 lainnya yang tentunya cukup seru dan unik.

Harga untuk wingsland s6 secara online sekitar Rp. 6.000.000,- dan modularnya mulai Rp. 400.000,-


6. DJI Mavic Pro


Mavic Pro dapat dikatakan saat ini adalah raja dari Folded Drone dengan segala fitur yang paling lengkap dibandingkan folded drone lainnya dengan flight time yang paling lama sekitar 24 menit. dan Jangkauan yang paling jauh hingga 7km.

Mavic pro dilengkapi banyak fitur pengamanan yang membuat drone ini dapat mengenali jika ada benda didepannya untuk menghindari tabrakan. Serta dengan sistem GPS yang paling canggih diantara folding drone sehingga dapat mempertahankan posisinya saat hovering paling baik dibandingkan semua drone yang disebut diatas.


Untuk kamera juga menghasilkan gambar terbaik dengan 4K murni yang distabilkan oleh 3 axis gimbal. Dipastikan hasil videonya adalah yang paling mendekati kualitas drone professional yang ukurannya lebih besar.


Harga DJI Mavic Pro di Indonesia terbagi dalam 2 paket yaitu paket standart seharga Rp. 15.000.000, dan Paket lengkap seharga Rp. 19.000.000,- (mendapatkan official backpack case, extra propeller, dan 2 extra smart battery)




Sesuaikanlah drone tersebut dengan skill anda dan budget tentunya. Sangat tidak disarankan jika sebelumnya tidak pernah menerbangkan quadcopter langsung membeli dobby, xiro mini, wingsland s6, apalagi langsung ke Mavic Pro. Mulailah dengan menggunakan drone murah yang tahan jatuh seperti FQ777-FQ11 atau JJRC H37 Elfie diatas. Setelah terbiasa barulah naik ke kelas drone yang sesuai dengan keingginanmu.

No comments:

Post a Comment