Wednesday, March 29, 2017

Google Assistant di Android M & N untuk semua Android Phone.


Beberapa waktu lalu Google Assistant hanya muncul di Google Pixel & sejumlah Nexus yang sudah memiliki upgrade resmi ke Android N. Kemudian seperti biasa sejumlah advanced user menemukan cara untuk menginstall Google Assistant ke android phone selain pixel & nexus baik dengan cara yang memerlukan root maupun yang tidak memerlukan root. Beberapa hari lalu Google mengeluarkan update Google App Service & Framework baru yang dapat diupdate melalui Play Store. Dengan update terbaru ini semua devices yang sudah running android M & N sudah dapat menggunakan Google Assistant.

Dengan hadirnya Google Assistant ke semua devices android yang sudah M & N, Google berusaha menawarkan pengalaman yang sama dengan Siri dari Apple pada android Devices. Hal ini tidak dapat dilakukan oleh Google Now yang sebelumnya hanya mampu melakukan sejumlah basic task & pengenalan suara tanpa mampu berinteraksi dengan penggunanya dengan memberi feedback. Melalui Google Assistant ini dapat memberikan feedback balasan seperti halnya Siri dari Apple & Cortana dari Microsoft.

Google Assistant dapat menggunakan text input & voice input. Text input sangat berguna saat di tengah keramaian dan tempat umum. Setidaknya tidak menjadi tampak gila dengan bicara dengan phone di tempat umum. Untuk mengaktifkan Google Assistant sama dengan saat google now yaitu dengan mengucapkan "Ok Google", atau dengan tap & hold home button.

Google Assistant akan sangat berguna jika dalam google account kita terkoneksi dengan banyak smart devices. Dengan ini kita dapat mengontrol Smart House melalui voice command di smartphone.

Untuk saat ini menurut IndoGadget, respon Google Assistant lebih kaku (formal/serius) daripada respon Siri yang lebih humoris dan tidak terlalu formal. Namun dengan dibukanya Google Assistant ke banyak devices akan mendorong pengembangan AI dari Google Assistant agar dapat cepat sejajar dengan layanan sejenis dari Apple & Microsoft.

No comments:

Post a Comment