Monday, March 27, 2017

Mario Run, Impression after couple of days


Super Mario Run yang merupakan adaptasi mobile game dari franchise game ternama Super Mario yang selama ini hanya eksklusif untuk console Nintendo. Setelah cukup lama  battle antara Nintendo dengan mobile games yang merupakan suatu penantang bagi baru Nintendo sejak kehadiran appstore apple di 2008 dan google store di 2009 (yang saat ini sudah menjadi playstore). Nintendo menunjukkan sikap yang sangat hostile terhadap mobile game platform. Namun saat ini sikap nintendo sudah semakin melunak terhadap mobile games, terutama setelah sukses launch pokemon go yang menjadi fenomena, meski tidak bertahan lama karena ulah banyak gamer yang melakukan cheat. Super Mario Run merupakan games kedua yang lisencenya dipegang penuh oleh Nintendo dan muncul di platform lain selain Nintendo.


Super Mario Run pertama kali rilis untuk iOs pada 15 desember 2016, dan untuk Android baru saja rilis 22 maret 2017 lalu. Oke setelah mencoba memainkan  Mario Run selama beberapa hari, bisa dikatakan game ini cukup FUN, dan bisa digunakan untuk meluangkan waktu sejenak ditengah penatnya kesibukan. Super mario Run menawarkan gameplay yang sama dengan Super Mario Bros di NES, yaitu sideplay run.


Yang berbeda dari versi NES tentunya adalah grafik & kontrolnya. Game Super Mario Run ini telah menggunakan animasi 3D dengan style yang masih khas game Mario. Sedangkan untuk kontrolnya disederhanakan dengan hanya menggunakan tapping. Jika pada game Mario di Nes untuk arah menggunakan d-pad dan lompat dengan menekan tombol A & B. Pada versi mobile ini karakter akan otomatis berlari ke kanan, dan melompat saat di tap. Single tap untuk melompat, tap & hold untuk lompatan di udara, tap saat di udara untuk atraksi, tap saat ada dinding didepannya untuk melompat ke arah belakang, dan masih banyak lagi kontrol yang disederhanakan oleh Nintendo untuk versi mobilenya. Yang menarik adalah semua kontrol ini dapat dilakukan dengan 1 tangan.

Di Super Mario Run ini terdapat 2 gameplay yang dapat dimainkan yaitu World Tour & Toad Rally. World Tour merupakan single person sekaligus story mode dari game ini, Sedangkan Toad Rally merupakan multiplayer race dimana kita berlomba dengan orang lain dengan sistem Ghost dengan perhitungannya melalui koin yang didapat serta dukungan para toad. Pemenang akan mendapatkan toad. Dimana Toad merupakan syarat untuk unlock bangunan tertentu dalam Super Mario Run.

Pro dari Super Mario Run :
- Grafik yg lucu tetap memberikan nuansa nostalgia dari game ini di era NES, namun tetap menarik, detail, & modern.
- Game controll yang sederhana sehingga memudahkan permainan dengan hanya 1 tangan.
- Tersedia 2 mode untuk single player maupun multiplayer.

Con dari Super Mario Run :
- Meski ini merupakan Free to Play games, tapi berbeda dengan game free to play lainnya yang bisa ditamatkan tanpa in app purchase. Super Mario Run memaksa user harus in app purchase jika ingin menamatkan game ini. World 1 gratis, namun world 2 & seterusnya harus dibeli & tidak bisa didapatkan dengan cara lainnya. Sistem ini bisa jadi menjadikan game ini gagal untuk meraih kesuksesan.
- Tidak dapat dimainkan secara offline.

No comments:

Post a Comment