Wednesday, March 1, 2017

Mi5C, Mi series untuk kelas menengah


Xiaomi seperti gosip yang sudah beredar sebelumnya akan menghadirkan mi5c, dan sesuai gosip tersebut saat ini Mi5C telah resmi launching. Mi5C merupakan mi series yang dihadirkan untuk smartphone kelas menengah prosesor besutan Xiaomi sendiri yaitu Surge S1 dengan arsitektur 28nm.

Yang menarik dari Mi5C ini adalah prosesor Surge S1 dan Cameranya. Karena sudah menjadi DNA dari Mi Series adalah mementingkan camera yang bagus, sementara seri redmi adalah valued phone. Kita bahas pertama adalah Prosesor Surge S1 terlebih dulu sebelum masuk ke camera Mi5C.

Surge S1 adalah octacore prosesor yang menggunakan big little core dengan 4 core high performance 2.2Ghz & 4 core low power consumtion 1.4Ghz. Untuk GPU menggunakan Mali T860. Klaim Xiaomi adalah Surge S1 lebih efisien daripada prosesor sejenis yang sekelas dengan Surge S1. Lalu bagaimana jika dibandingkan dengan mediatek & Qualcomm?

Berikut adalah perbandingan antutu benchmark antara Surge S1, Mediatek helio p20 & Snapdragon 625. Meski antutu tidak selalu dijadikan acuan mengenai real performance namun memberi cukup gambaran mengenai kinerja SOC. Surge S1 mendapatkan score 58.322, Helio P20 mendapatkan score 64.143, & Snapdragon 625 score 60.948.

Dari Score diatas yang selisih sedikit dapat diperkirakan kinerja ketiganya akan kurang lebih sama. yang membedakan nantinya adalah mengenai baterai life yang akan sangat terasa di ketiganya. Dari percobaan Indo Gadget antara 625 Vs P20, dapat dikatakan Snapdragon memberikan baterai life yang sangat bagus dengan performance yang cukup baik untuk rata-rata applikasi yang ada di Playstore. Sementara untuk Surge S1 ini tampaknya mesti menunggu Mi5C masuk ke Indonesia terlebih dahulu entah resmi maupun distributor.

Untuk kamera akan dibahas dalam post Indo Gadget yang lain ya.

No comments:

Post a Comment