Saturday, March 18, 2017

Nintendo Switch, Sukses atau Gagal?



Sudah hampir  lebih dari 2 minggu sejak Nintendo Switch launching pada 3 Maret lalu dan sudah mulai banyak problem bermunculan. Mulai dari koneksi controller yang rewel, dock yang membuat beret, hingga LCD yang rusak pada sebagian unit. Dengan berbagai problem ini membuat hype yang besar sebelum launching karena Nintendo Switch menawarkan konsep yang unik, menjadi berkurang dalam hitungan hari.


Saat ini hype Nintendo Switch sudah menurun drastis. Minat pembeli banyak menurun dan sebagian menjadi wait & see. Menunggu apa yang akan dilakukan Nintendo untuk memperbaiki problem2 diatas. Karena masalah koneksi tersebut hampir terjadi di semua unit dan kelihatannya adalah permasalahan hardware yang tidak dapat diperbaiki dengan software update. Nah lalu apakah akan muncul recall??? Jika muncul recallpun untuk pembeli Indonesia tidak akan merasakan manfaatnya karena membeli secara tidak resmi. Jadi ya bagi pembeli Nintendo Switch di Indonesia versi produksi awal ini ya harus selamanya merasakan problem tersebut.


Secara hardware quality bisa dianggap nintendo gagal untuk mempertahankan hype yang mereka bangun sebelum produk launching. Meski ada beberapa nilai positif seperti ketahanan baterai yang bagus dan saat digunakan untuk bermain The Legend Of Zelda hingga 3 jam masih terasa sedikit hangat bahkan bisa dikatakan tetap dingin. Namun semua itu seakan lenyap dihantam permasalahan yang ada.

Lalu secara game saat ini masih tidak terlalu banyak pilihan yang ditawarkan mengingat ini adalah game console baru. Beberapa game terkenal di munculkan juga pada Nintendo Switch, namun tampaknya tidak mampu menjadi amunisi kuat untuk meningkatkan penjualan Nintendo Switch yang menurun setelah gelombang pre-order yang besar namun kecewa dengan banyaknya trouble hardware yang ada.

Kelihatannya nasib Nintendo Switch bakal menyusul kakaknya yaitu Nintendo Wii U yang gagal dalam menjaring pembeli maupun developer game. Nintendo perlu bekerja keras dan mengeluarkan strategi yang jitu agar Nintendo Switch mampu memperoleh market share yang lumayan yang saat ini dikuasai oleh Sony & Microsoft. 

No comments:

Post a Comment