Friday, March 31, 2017

Raja Adventure Bike 250cc di Indonesia

Kelas motor dengan 250cc saat ini telah mulai menggeliat di pasar Indonesia. Berbagai jenis kelas motor untuk 250cc mulai bermunculan dari berbagai pabrikan. Salah satu kelas yang cukup ramai saat ini adalah Adventure Bike 250cc, dan Honda Motor Indonesia-pun turut meramaikan pasar dengan menghadirkan CRF 250 Rally.



Adventure Bike sendiri merupakan kelas motor touring yang mampu dibawa ke medan offroad serta medan berat lainnya, namun tetap nyaman di medan aspal (on road) serta menempuh jarak tempuh yang jauh. Untuk itu Honda meramu CRF 250 Rally menggunakan base motor dirt alias motor trail yang mampu melibas medan segala medan berat, dan agar mampu menempuh jarak yang lebih jauh dengan membesarkan tangki bbm menjadi lebih besar daripada seri Honda CRF lainnya.


Perbedaan CRF 250 Rally dengan Honda CRF lainnya yang murni untuk dirt, pertama dapat kita lihat dari Build Quality body yang lebih rapi. Tentunya karena peruntukan motor CRF 250 Rally ini berbeda dengan CRF lainnya yang memang murni untuk lintasan dirt, sementara CRF 250 Rally ini fungsi utamanya adalah untuk Touring yang mampu di medan berat, serta nyaman untuk dipakai harian. Tentunya faktor build quality body CRF 250 Rally haruslah lebih rapi. Detail body dari CRF 250 Rally ini dikerjakan dengan sangat baik oleh Honda yang mengubah motor dirt menjadi motor adventure yang nyaman untuk segala medan.

Karakter dari dirt motor tetap dipertahankan seperti body motor yang ramping, chasis yang kuat, dengan kaki-kaki yang tinggi dengan suspensi serta ban khas motor offroad. Dengan kaki-kaki yang diposisikan tinggi serta suspensi yang diatur seperti motor dirt/offroad menjadikan CRF 250 rally ini benar-benar nyaman untuk melibas segala medan. IndoGadget sempat mencobanya di jalan rusak  & bergelombang, CRF 250 Rally  ini tetap dapat dikendalikan dengan baik dan hentakan akibat jalan yang rusak tidak terlalu terasa seperti saat menggunakan motor jenis touring lainnya untuk jalan yang sama tersebut. Benar-benar nyaman dan kestabilannya sangat baik. Selain itu saat di jalan perkotaanpun cukup nyaman karena sudut kemudinya pas untuk bermanuver di jalanan kota yang kadang sedikit macet dan membutuhkan untuk zig-zag.

Untuk pilihan dapur pacunya sendiri adalah menggunakan mesin 4stroke single cylinder DOHC yang memiliki torsi besar di putaran bawah dan menengah, namun tetap kencang pada putaran atasnya. Pilihan mesin ini sangat disesuaikan dengan karakter kebutuhan dari adventure bike yaitu mampu menempuh jalan jauh untuk touring yang nyaman untuk offroad maupun on road. Torsi besar saat di offroad, dan mampu diajak untuk memacu adrenalin saat touring di jalanan aspal. Memiliki tenaga & kecepatan, namun semua tetap sesuai dengan DNA dari Honda yaitu motor yang irit. CRF 250 Rally ini termasuk irit mengingat cc nya yang cukup besar.

Selain itu Honda juga telah menyediakan berbagai official accessories untuk membuat motor ini customizable sesuai kebutuhan dari pemiliknya. Seperti Wind Screen, Hand Guard, Head Light Guard, dll. Semua asesories ini bisa membuat CRF 250 Rally tampil makin tangguh & gahar.

Kesimpulannya CRF 250 Rally merupakan pilihan yang sangat menarik bagi yang hobby adventure dan touring menggunakan motor, karena motor ini menawarkan ketangguhan motor offroad dengan kenyamanan motor touring, stabil dan cocok untuk jarak tempuh yang jauh, dan mampu melibas medan dirt yang berat dengan tidak terlalu susah layaknya motor trail.

No comments:

Post a Comment