Friday, April 7, 2017

Cegah Channel Bajakan, Youtube Rubah Kebijakan.


Youtube dalam beberapa tahun terakhir terus berkembang menjadi video site streaming terpopuler, bukan hanya karena banyak yang menonton, namun juga karena banyak yang membuat content didalam Youtube. Para pembuat content di youtube dapat memperoleh penghasilan dari content yang mereka upload berkat adanya google adsense.

Berkat adanya google adsense dan dapat memperoleh uang melalui iklan yang muncul di youtube content yang kita upload. Menjadikan youtube sebagai site streaming paling berkembang di jagat maya. Setiap hari terupload jutaan content baru yang diupload oleh youtuber dari seluruh dunia, serta muncul ribuan channel baru. Sehingga aktivitas Vlogger menjadi suatu trends baru karena semua orang yang mampu membuat content video ingin memperoleh extra penghasilan melalui Youtube.


Sayangnya segala sesuatu pasti memiliki sisi gelap, fitur youtube yang dapat memberikan penghasilan bagi para pembuat content mengundang orang-orang malas yang ingin berbuat curang dan melakukan pembajakan content. Para pencurang ini biasanya untuk mendapatkan adsense mereka mencuri alias membajak content dari channel lain yang populer dan mereka upload ulang di channel mereka, atau bisa saja mereka mengupload copyright material seperti film atau musik untuk mengingkatkan traffic mereka secara instant.

Untuk mencegah hal itu Youtube mengubah kebijakannya. Mulai hari ini semua channel yang belum pernah mencapai lifetime 10.000 view tidak dapat mengaktifkan google adsensenya. Hal ini untuk memfilter para pembajak agar mereka tidak dengan mudahnya membuat channel baru dan memperoleh uang dari situ. Dengan adanya threshold baru ini diharapkan channel-channel pembajak ini dapat terfilter lebih dulu oleh pihak Youtube & Google sebelum mereka bisa memperoleh keuntungan.

Threshold 10.000 view ini sebenarnya tidak terlalu besar, sehingga tidak membuat orang yang ingin membuat channel baru di Youtube mundur. Dengan kreatifitas & rajin mengupload content original yang menarik, angka 10.000 view ini dapat dilalui dalam beberapa waktu. Diharapkan melalui peraturan baru ini dapat menekan pelanggaran hak cipta dan meningkatkan kreatifitas content yang ada. Indo Gadget senang dengan peraturan baru ini sehingga tidak sembarang orang dapat seenaknya membajak karya orang lain dan memperoleh uang dari sana.

No comments:

Post a Comment