Friday, April 21, 2017

Mi 6 bakal jadi Samsung S8 killer?


2 Hari lalu Xiaomi telah mengumumkan secara resmi smartphone flagship terbarunya yaitu Xiaomi Mi 6. Xiaomi tetap mempertahankan DNA-nya yang menggunakan specs tinggi dengan harga termurah dikelasnya. Kali ini Mi 6 menggunakan Snapdragon 835, SOC terbaik dari Qualcom saat ini. Snapdragon 835 baru digunakan di Samsung S8 dan Sony Xperia XZ Premium (belum rilis). 


Selain menggunakan SOC yang canggih yang hanya dapat ditemui di flagship merk lain dengan harga 2 kali lebih mahal. Mi 6 juga telah menggunakan RAM 6GB untuk semua variannya untuk memastikan multitasking yang lancar meski dengan Miui yang terkenal ram managementnya super kejam dalam menutup background app. Untuk Internal minimal 64GB dan varian tertingginya 128GB. Tidak external memory card slot namun dengan internal sebesar itu seharusnya mencukupi kebutuhan user secara umum, kecuali buat para file hoarder yang suka ngumpulin file di hpnya.
Untuk desain tidaklah kontroversial seperti pada Mi Mix. Hanya sebuah peningkatan dari base desain Mi 5 yang dibuat lebih manis dengan frame metal dan belakang tersedia dalam pilihan kaca dan keramik. Fingerprint tetap berada di depan dengan sistem under-glass seperti yang diterapkan di iPhone. Kemiripan dengan iPhone juga Mi 6 tidak memiliki jack audio 3,5mm. Jadi dapat menggunakan usb headset atau bluetooth. 

Kemiripan dengan iPhone tidak berhenti pada fingerprint & jack audio yang menghilang. Namun juga konfigurasi dual cameranya juga meniru iPhone yaitu normal lens dengan tele lens dengan virtual bokeh effect. Namun untuk kamera kemiripan hanya berhenti sampai disini. Karena untuk kamera kedua dengan tele lens pada mi 6 tidak dilengkapi dengan OIS serta tidak menggunakan sensor yang benar-benar identik seperti pada iPhone 7 Plus, resolusi kamera kedua meski sama 12MP namun pixel sizenya lebih kecil dan aperture yang lebih sempit pula. Hal ini wajar karena harga dari Mi 6 terbilang murah jika dibandingkan flagship lainnya.

Fitur lainnya yang cukup menarik Mi 6 adalah Xiaomi phone pertama yang sudah water resistant alias splashproof. Inget ya ga ini bukan waterproof jadi jangan dibuat masuk ke kolam renang. Namun tetap aman digunakan saat hujan saja, bukan berendam.

Untuk smartphone dengan snapdragon 835, Mi 6 adalah yang paling value dengan hasil geekbench yang mengungguli samsung S8. Lalu apakah bisa menjadi Samsung S8 killer? bisa iya bisa juga tidak. Di tanah kelahirannya mungkin bisa jadi Mi 6 memiliki penjualan yang tinggi dan bersaing dengan S8, karena price valuenya tinggi banget. Namun tetap samsung S8 menang di gengsi, dan bagi para OKB di RRC, gengsi itu masih sangat penting. Jadi PR buat Xiaomi untuk Mi6 ini adalah bagaimana membangun image agar menjadi barang yang punya gengsi selain memilki price value & perfomance value yang tinggi.

No comments:

Post a Comment