Tuesday, April 4, 2017

Oppo F3 Plus, Selfie Phone yang Kemahalan???



Oppo f3 Plus telah resmi mulai dijual dengan harga Rp 6.499.000,-. Sekilas Specs Oppo S3 menggunakan SOC Snapdragon 653, dengan internal 64GB dan ram 4GB, display 6" FHD, & baterai 4000mAh non removable. Jika melihat specs diatas harganya terkesan wajar jika dibandingkan dengan samsung C9 Pro yang menggunakan SOC sama, bahkan desain keduanya sangat mirip terutama pada desain body dan antenna band oppo F3 Plus jelas-jelas meniru Samsung C9 Pro.Namun karena Oppo memasarkan Oppo F3 Plus ini sebagai selfie Phone yang menitik beratkan pada performance kamera dibandingkan area yang lain, tentunya untuk menilai apakah Oppo F3 Plus ini memiliki harga yang pantas atau tidak adalah dengan melihat kameranya.

Oppo F3 Plus seperti generasi sebelumnya menekankan pada kualitas kamera depan, pada generasi terbaru ini menggunakan sistem dual lens. Kamera depan utama dengan sudut pandang normal untuk selfie menggunakan sensor 16MP F1,8 dengan pixel size 1,16µm. Kamera depan secondary untuk wefie menggunakan sensor 8MP dengan sudut pandang 120º yang luas. Lalu kamera belakang dengan specs yang sama dengan kamera depan utama. Sekilas hal ini cukup oke untuk price range tersebut namun ternyata semua kamera yang ada pada Oppo F3 plus ini tidak disertai dengan OIS sehingga untuk low light performancenya sangat kurang untuk price range ini. Sementara banyak smartphone lain pada price range ini telah disertai dengan OIS & EIS untuk meningkatkan performance foto & video saat low light.



Sebagai perbandingan hasil kamera yang sama bisa didapatkan pada Vivo V5 yaitu sama-sama dual front camera dengan salah satunya sebagai wefie camera dengan wide angle lens. Keduanya memiliki kinerja low light yang hampir sama. Bahkan untuk ideal conditionpun hasil foto keduanya sangat amat mirip. Karakter warna, lalu detail ketajaman gambar, bahkan chroma aberation yang timbulpun keduanya sangat identik. Namun harga Vivo V5 Plus lebih murah 1 juta rupiah. Oke untuk SOC memang lebih kencang oppo sedikit namun untuk pemakaian sehari-hari selisih kinerja Snapdragon 625 dengan 653 tidaklah terlalu terasa. Layar Oppo lebih besar dengan 6" sementara Vivo V5 Plus dengan 5.5" tetapi resolusi keduanya sama-sama FHD, sehingga kerapatan pixelnya akan lebih baik pada Vivo V5 Plus. 

Jadi dapat disimpulkan Oppo memberikan harga yang terlalu mahal pada F3 Plus yang hampir mendekati harga Samsung C9 Pro. Sementara kinerja kameranya sangat mirip Vivo V5 Plus yang lebih murah. Kesimpulannya adalah smartphone ini baru pada value yang tepat jika ada promo discount atau cash back senilai diatas Rp. 500.000,- dari harga sekarang.

No comments:

Post a Comment