Saturday, April 1, 2017

Review!!! REVO Smart Ink.


Sudah beberapa bulan ini Team IndoGadget ingin mencoba sebuah tinta yang katanya tinta pintar yang diklaim bisa untuk semua merk, biasanya tinta inkjet dibuat spesifik untuk hanya sebuah printer. Kebetulan IndoGadget perlu untuk merefill printer di redaksi IndoGadget, jadi sekalian saja untuk mereview tinta tersebut.

Dalam review ini menggunakan printer Epson L365 yang merupakan printer multifungsi dengan ink tank & wifi printing.

Berdasarkan keterangan dari pihak SUN Indonesia yang memproduksi REVO Smart ink dapat langsung diisikan tanpa ada masalah pada printer yang menggunakan tinta original pabrik, namun jika sebelumnya menggunakan tinta after market merk lain harus menunggu sampai tangki tinta hampir habis dan muncul warning di komputer. Namun untuk test ini IndoGadget meski menggunakan tinta Original Epson tetap menunggu tangki tinta dalam kondisi hampir habis, lalu mengeprint beberapa kali terlebih dahulu sehingga hasil komparasinya adalah benar-benar hasil cetak saat tinta yang sudah ada di Head Print adalah tinta Revo, bukan lagi tinta originalnya.

Proses Pengisian cukup mudah, karena botol tinta Revo Smart Ink memiliki tutup khusus dengan ujung yang meruncing seperti desain botol tinta original epson yang memang diciptakan untuk memudahkan proses pengisian ke tangki tinta. Proses pengisian cukup mudah, tutup botol tinta ini terdiri ada 2 bagian. Pertama dengan melepas bagian tutup dengan memutar pangkal dari tutup botol dan kemudian melepas aluminium foil yang menyegel tinta tersebut. Kemudian memasang kembali tutup botol dan membuka bagian kedua dari tutup botol dengan memutar pada bagian ujungnya. Menurut IndoGadget pemilihan desain tutup ini cukup membantu tidak hanya memudahkan proses penuangan tapi jika saat refill ternyata masih ada tinta yang tersisa pada botol, sistem tutup ini tampaknya cukup baik untuk menjaga agar isi tinta yang tersisa tidak tumpah dan terkontaminasi debu.

Setelah proses pengisian yang cukup mudah. Saatnya IndoGadget melakukan test print. Proses test print menggunakan standard pengetesan yang biasa IndoGadget gunakan untuk testing printer dan tinta. Yaitu menggunakan komparasi hasil cetak dari tinta originalnya menggunakan colorwheel dan sebuah foto. Keduanya menggunakan setting printing yang sama. Dengan cara ini diharapkan mampu memberikan hasil komparasi yang lebih fair antara tinta original Epson dengan Revo Smart Ink.
Klik untuk memperbesar.

Dari hasil test print dan komparasi dengan perbandingan hasil saat menggunakan tinta original VS Revo Smart Ink, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut
  • Hasil untuk gradient dan dot ink dari Revo Smart ink ini sebaik tinta original epson bawaan printer, hasil cetakan tampak tajam dan detail.
  • Pada hasil colorwheel antara keduanya dapat dikatakan sangat mirip dan cukup akurat diantara keduanya.
  • Pada hasil foto, hasil dari Revo Smart ink kembali memberikan hasil yang mengejutkan. Mampu memberikan color tone yang sangat mendekati originalnya. Sangat berbeda dengan tinta after market merk lain yang IndoGadget pernah coba sebelumnya, dimana tinta after market selalu memberikan color tone yang berbeda sekali dengan original.
  • Hasil cetaknya pun setelah IndoGadget coba untuk cetak 50 lembar photo ukuran A4 cukup stabil baik secara kualitas kehalusan pixelnya maupun warnanya. Selama ini untuk tinta after market jika dicoba printing sekaligus hingga puluhan lembar tanpa mengistirahatkan printer, beberapa lembar terakhir hasilnya akan ada warna  yang off alias meleset jika dibandingkan hasil printing yang awal, atau hasilnya menjadi lebih kasar. Hal ini tidak terjadi pada Revo Smart ink. Hasil yang sama seperti ini hanya IndoGadget dapatkan saat menggunakan tinta original.
Kesimpulannya dari percobaan IndoGadget dengan tinta Revo adalah tinta ini menawarkan kualitas yang sangat baik, bahkan yang terbaik dari tinta after market yang pernah IndoGadget coba. Cukup memuaskan menggunakan tinta ini karena dari segi ekonomis tentunya lebih ekonomis dari tinta original namun sama sekali tidak mengorbankan kualitas cetak seperti pada merk lain. Untuk harga yang kami beli dari tokopedia 1 set 4 warna tinta Revo adalah Rp. 166.500,- sementara 1 set tinta Epson Original 664 biasa kami beli sekitar Rp. 300.000,-. Selisih harganya cukup lumayan sementara kualitasnya dari percobaan kami cukup setara.

4 comments:

  1. Wuiih... Amaging... ternyata hasil test Printing Tinta REVO Smart Ink Oke bingiit, ya... Hasilnya lebih cerah dan tajam. Klo tau gini, gw pilih REVO Smart Ink, dong... ! :)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih telah membaca, semoga review kami dapat membantu anda. Silahkan follow blog kami ini untuk info, review, & tutorial berbagai gadget mulai dari elektronik hingga kendaraan.

    ReplyDelete
  3. Tinta most wanted banget apalagi SUN merupakan pioneer cukup lama di dunia printer. Sya sendiri berencana menggunakannya setelah tinta after market saya habis.

    ReplyDelete
  4. Ini dia tinta printer yang mengerti kebutuhan ku,hasilnya lebih tajam dan bisa sebagai ganti tinta original market,malah hasilnya lebih bagus,terimakasih reviewnya.

    ReplyDelete