Wednesday, May 31, 2017

DJI Spark, Smartest Mini Quadcopter



Pasar mini Smart Mini Quad dengan range harga $400-$600 yang selama ini dikuasai oleh Zerotech Doby & Xiro Xplorer Mini akan diguncang oleh DJI yang merupakan market leader di professional RTF Quadcopter. DJI akan mengguncang pasar smart mini drone dengan menghadirkan DJI Spark pada pertengahan Juni nanti dengan banderol $499 yang tentunya bersaing sangat ketat dengan pesaingnya yang sudah keluar lebih dulu sejak 2016.


Jika dari segi "harga" tentunya sangat bersaing dengan kompetitornya yang berada pada price range yang sama. Namun yang paling penting adalah fitur yang ada apakah mampu  menarik bagi pasar mini smart quad. Yang menjadi target pasar dari mini smart quad selama ini adalah non professional quadcopter flyer, traveller, vlogger, & untuk hiburan keluarga. Karena target pasarnya tersebut, mini smart quad memiliki karakter yang hampir sama yaitu lightweight, compact size, mudah dibawa, mudah dikendalikan bahkan oleh pemula, & memiliki kamera dengan kualitas yang above average namun bukan level professional. Apakah DJI Spark memiliki semua karakter ini?

Mari kita bahas apakah DJI Spark dapat memenuhi semua karakter tersebut. Mulai dari beratnya, DJI Spark memiliki berat 300g namun lebih berat dari doby yang hanya 215g & tetap lebih ringan dari Xiro mini yang beratnya 431g. Selanjutnya untuk bentuk & kemudahan dibawa saat bepergian DJI Spark juga sangat memenuhi karakter sebagai mini smart quad. Telah disedia tas untuk membawa DJI Spark dalam paket penjualan tentunya sangat membantu saat membawanya travelling. Untuk bentuknya berbeda dengan kompetitornya yang merajai pasar mini smart quad saat ini yang menggunakan bentuk folding, DJI Spark menggunakan fixed arms dengan folded propellers. Tentunya berbeda dengan kompetitornya yang menggunakan desain folding arms sehingga hanya memerlukan pouch untuk membawanya. DJI Spark memerlukan tas khusus yang meski ukurannya relatif kecil namun tetap memakan tempat jika dibandingkan dengan bentuk folding. Untuk flight time juga 16 menit termasuk cukup lama untuk kelas mini quad.


Untuk kemudahan pengendalian DJI Spark ini menawarkan sesuatu yang sangat special yaitu Palm Gesture untuk mengendalikan quadcopter ini tanpa perlu remote control maupun koneksi ke smartphone. Inilah yang membedakan dari kompetitornya yang hanya bisa dikendalikan dari smartphone. Selain itu DJI Spark ini tetap dapat menarik minat para professional quad flyer dengan tersedianya remote control yang menawarkan jangkauan lebih jauh dan kendali yang lebih taktis dengan menggunakan remote control. Dengan banyaknya fitur autopilot dan juga obstacle avoidance yang canggih yang diturunkan dari DJI Mavic Pro menjadikan ini adalah mini smart quad yang paling smart saat ini. Bahkan untuk take off & landing dari telapak tangan sangatlah mudah, tinggal meletakkan tangan dibawah DJI Spark akan secara otomatis mendarat. Selain itu telah dilengkapi dengan face recognition yang memudahkan untuk selfie pada mode auto. 

Nah untuk kamera, DJI Spark menggunakan kamera full HD1080. Meski belum 4K seperti pada doby, namun DJI Spark menawarkan kualitas video yang bagus dengan dynamic range yang cukup luas. Selain itu yang menarik adalah DJI Spark merupakan satu-satunya mini smart quad yang sudah dilengkapi dengan gimbal 2 axis yang memastikan video & foto tetap stabil. Gimbal dapat diakses melalui smartphone maupun remote control. Yang menarik lagi adalah ada mode panorama & shallow focus seperti pada iPhone 7+.

Dengan specs yang ditawarkan bisa dipastikan DJI Spark bisa dipastikan akan menggeser penguasa pasar mini smart quad saat ini dan mengukuhkan DJI sebagai raja quadcopter hampir di semua lini produk quadcopter, kecuali tentunya kelas toy dibawah $200 yang tidak akan dimasuki oleh DJI. Bagaimana tertarik untuk meminang DJI Spark???

No comments:

Post a Comment