Saturday, May 20, 2017

Review Sticker Weatherproof & Waterproof dari SUN Indonesia


Dalam minggu depan, Indo Gadget akan ada gathering bersama teman-teman blogger. Biasanya kami dalam acara gathering saling bertukar souvenir. Setelah rapat bersama team redaksi Indo Gadget memutuskan souvenir yang akan kami berikan dalam gathering adalah sticker. Karena sticker yang akan dibuat tidak dalam jumlah yang banyak, tentunya kami ingin membuat sticker sendiri. Maka dimulai perburuan online untuk mencari kertas sticker yang sesuai dengan kriteria yang kami inginkan, yaitu dapat dicetak menggunakan printer inkjet, bahan yang kuat tidak mudah sobek, melekat kuat, dan tahan air.


Setelah mencari-cari ke berbagai tempat belanja online. Indo Gadget menemukan 1 kertas sticker yang benar-benar sesuai dengan kriteria yang Indo Gadget inginkan, Yaitu Vinyl Sticker dari SUN Indonesia. Indo Gadget pernah menggunakan produk SUN Indonesia yang lain yaitu REVO Smart Ink & telah menreviewnya di Indo Gadget, yang dapat kamu baca di review berikut. Karena pengalaman Indo Gadget dalam menggunakan Revo Smart Ink sangatlah memuaskan, tentunya Indo Gadget berani mengambil keputusan untuk membeli kertas vinyl sticker dari Sun Indonesia ini.

Vinyl Sticker adalah sticker yang bahannya adalah semi plastik, biasa digunakan untuk skin laptop & decal mobil. Bahan ini sangat kuat untuk outdoor, tahan cuaca, tidak mudah sobek dan memiliki daya rekat yang baik, serta saat dikelupas biasanya tidak meninggalkan residu. Nah sepengetahuan Indo Gadget printable Vinyl Sticker itu sangat sulit dicari apalagi yang sudah dalam ukuran A4 atau A3, yang umumnya ada dipasaran masih berbentuk roll. Selain itu Vinyl Sticker yang biasa ditemukan hanya dapat dicetak menggunakan tinta pigment, Namun Vinyl Sticker dari SUN Indonesia ini dalam spesifikasinya dapat dicetak menggunakan tinta dye dan direkomendasikan menggunakan tinta REVO. 

Bahkan Indo Gadget telah browsing untuk mencari Printable Vinyl Sticker dari merk lain yang dapat menggunakan tinta dye sebagai komparasi, namun setelah mencari ke berbagai toko online, tidak berhasil kami temukan vinyl sticker merk lain yang dapat dicetak menggunakan tinta dye. Merk lain hanya dapat menggunakan tinta pigment saja. Jadi Vinyl Sticker dari SUN Indonesia ini adalah satu-satunya vinyl sticker yang berhasil kami temukan yang dapat dicetak menggunakan tinta dye, tinta pigment, & tinta art paper.

Setelah menunggu proses pengiriman, hari ini sticker telah tiba dan langsung kami cetak dengan desain yang telah kami siapkan sebelumnya. Hasil cetaknya sesuai dengan ekspetasi yang kami harapkan. Berikut adalah review dari hasil cetak Vinyl Sticker dari SUN Indonesia menggunakan printer Epson L365 dan tinta REVO Smart Ink :
  • Bahannya memiliki tekstur matte alias doff. Tekstur matte ini sebenarnya urusan selera, karena ada yang suka dengan glossy, namun tidak sedikit yang suka matte. Indo Gadget sendiri suka dengan tekstur matte, karena memberikan kesan yang mewah dan berat pada sebuah desain.
  • Bahan vinylnya sangat kuat dan tidak dapat disobek menggunakan tangan.
  • Memiliki daya rekat yang sangat kuat dan dapat menempel dengan baik ke bidang yang melengkung karena sangat tipis.
  • Sudah waterproof meski menggunakan tinta dye.
  • Tidak meninggalkan residu saat dilepas. Indo Gadget telah mencobanya pada logam, kaca, & plastik.
  • Hasil cetaknya untuk pertemuan antara 2 warna yang ngeblockpun cukup tajam, ada sedikit smearing. Namun ini wajar dapat terjadi pada semua kertas yang memiliki tekstur matte.
  • Untuk warna hitam tidak dapat benar-benar hitam pekat, ini terjadi akibat tekstur mattenya. Tidak seperti pada glossy dimana warna hitam dapat kelihatan lebih pekat akibat ada efek specular. Meski warna hitamnya tidak terlalu pekat, namun memiliki keunggulan yaitu glare sangat minimal. Akibatnya jika ada tulisan teks akan lebih mudah terbaca.
Hasil sticker waterproof & aman meski diusap saat basah.
Kesimpulannya dari membuat sticker sendiri menggunakan Vinyl Sticker dari SUN Indonesia ini , kami Indo Gadget  sangat PUAS dengan hasilnya. Semua prosesnya memudahkan bagi user, karena dapat dicetak dengan tinta dye. Sehingga Vinyl Sticker dari SUN Indonesia ini memudahkan bagi siapa saja yang ingin mencetak sticker berkualitas dengan printer inkjet yang umum dimiliki. Tidak seperti merk lain yang hanya bisa dengan printer inkjet yang sudah dimodifikasi dan diisi dengan tinta pigment. Semoga review ini bermanfaat bagi kawan Indo Gadget yang ingin membuat sticker atau decal.

nb : berikut adalah link tempat Indo Gadget membeli Vinyl Sticker ini.

No comments:

Post a Comment