Wednesday, June 28, 2017

Tips Cetak Foto Liburan Tampak Professional Dengan Home Printer

Liburan selalu dipenuhi dengan foto-foto kenangan bersama keluarga & kolega. Tentunya selain diupload ke sosial media seperti FB, Path, & Instagram akan lebih baik lagi jika foto kenangan tersebut dicetak. Sehingga bisa dipajang di ruang tamu atau didalam album foto. Memiliki versi cetak yang bisa dipegang tentunya lebih berkesan nostagia daripada sekedar versi digitalnya. 

Berikut adalah beberapa tips dari Indo Gadget agar foto-foto liburanmu yang berharga dapat dicetak dengan lebih sempurna. 

Tips pertama adalah lakukan digital post process dengan program pengolah image digital. Ada beberapa pilihan yang dapat dipilih untuk melakukan process ini, mulai dari yang free seperti LightZone atau yang berbayar seperti Adobe Lightroom & bagi pengguna Mac dapat menggunakan Photos. Semua applikasi ini cukup mudah bagi pemula untuk memanage foto seperti memilih foto berdasarkan rating, mengelompokkan dalam kelompok berdasarkan tanggal, lokasi, wajah, lalu juga dapat untuk mengedit foto agar tampil prima secara exposure, color, & white balance. Sangat mudah bahkan bagi pemula karena ada auto enhancement dan juga banyak pilihan preset yang membantu untuk membuat foto tampil prima saat dicetak.

Bagi yang hanya memiliki mobile devices seperti smartphone & tablet, ada banyak sekali pilihan applikasi untuk mengedit foto agar memiliki tampilan yang lebih sempurna. Dari sekian banyak pilihan applikasi, ada 2 applikasi yang menjadi favorit Indo Gadget untuk mobile editing yaitu Google Snapseed & Adobe Lightroom Mobile. Kedua applikasi ini gratis namun kualitas hasilnya sangat bagus dengan fitur-fitur yang unik.

Kedua adalah pemilihan kertas foto. Tidak semua kertas foto diciptakan dengan kualitas yang sama. ada sejumlah kertas foto yang color tunenya meleset, sehingga foto tampak kemerahan atau bisa juga menjadi kebiruan. Tentunya kertas foto seperti ini harus dihindari sehingga tidak membuang waktu, kertas, & tinta. IndoGadget sudah mencoba beberapa merk kertas foto, menurut Indo Gadget kertas foto dengan color tune yang pas dan mendekati warna yang kita kehendaki adalah SUN Glossy Photo Paper dari SUN Indonesia. Harga kertas ini termasuk ekonomis, namun hasilnya tidak mengecewakan dan sesuai dengan standar dari Indo Gadget untuk cetak foto. Yaitu warna cerah, cepat kering, tidak ada mlobor, gradasi halus, pertemuan dua warna kontras tegas, dan color tune yang tidak meleset. Semua kriteria diatas telah dapat dipenuhi oleh SUN Glossy Photo Paper.

Ketiga adalah tinta & printer harus kondisi yang prima. Bagi yang sering menggunakan printer hampir setiap hari tentunya tidak ada masalah. Namun bagi yang tidak rutin mencetak, bahkan mungkin sebulan sekali belum tentu mencetak 1 kalipun. Sebelum mencetak foto sebaik melakukan ritual head clean & test print  terlebih dahulu. Pastikan semua warna dapat keluar dengan baik saat di test print. Jika ada warna yang tidak keluar ulangi lagi head clean beberapa kali hingga hasil test printnya bagus. Selanjutnya bagi yang menggunakan tinta after market, pastikan tinta yang digunakan adalah tinta yang bagus. Sama seperti kertas foto, tidak semua tinta after market memiliki kualitas yang sama. Hanya ada sedikit tinta yang memiliki kualitas setara dengan tinta originalnya, sementara sisanya memiliki kualitas yang jelek dan merusak printer. Untuk tinta Indo Gadget selalu mempercayakan pada REVO Smart Ink, yang pernah Indo Gadget review kualitasnya di artikel ini.


Semoga tips-tips singkat diatas membuat foto-foto liburanmu tercetak dengan lebih bagus. 

1 comment:

  1. wah, jadi bisa abadikan moment foto liburan dengan tips cetak di atas..

    ReplyDelete