Monday, July 31, 2017

Review : SUN Action Photo Paper

Berikut ini adalah review singkat mengenai SUN Action Photo Paper. SUN Action Photo Paper Adalah kertas foto baru SUN Indonesia yang dilaunching pada acara Real Action Adventure 2, tepatnya pada 22 Juli 2017 kemarin nih. Yang kebetulan Indo Gadget hadir sebagai peserta sehingga mendapatkan tester produk ini didalam goody bag yang didapatkan sepulang dari acara Real Action Adventure 2 tersebut. Review kali ini disebut review singkat sebab tanpa ada perbandingan dengan produk sejenis didalam review. SUN Action Photo Paper ini bisa dibilang kategori baru dalam kertas foto inkjet, sehingga mencari perbandingan yang sepadan saat ini belum ada.


SUN Action Photo Paper diklaim sebagai kertas foto inkjet yang khusus untuk dapat memberikan hasil cetak terbaik untuk foto-foto dari Action Cam, 360 Cam, Aerial Cam, Smartphone Cam, & Compact Camera. Nanti kita akan coba test print untuk membuktikan klaim tersebut. Sebelum itu kita perlu bahas sedikit mengenai apakah  persamaan dari semua kamera diatas. Semua kamera diatas secara teknis merupakan kamera dengan ukuran sensor yang kecil, lensa yang tidak sekomplek DSLR & Changeable Mirrorless, data foto sudah berupa jpeg yang sudah melalui banyak algoritma & kompresi sehingga banyak sekali data warna yang artificial. Kecuali untuk sebagian smartphone & sebagian compact camera yang masih dapat menulis data foto dalam format raw tanpa melalui artificial image processing di kamera. 

Akibat dari hal-hal teknis diatas adalah hasil fotonya pun memiliki karakter yang hampir sama yaitu memiliki kecenderungan over contrast, high vivid, high saturation yang kadang cenderung berlebihan yang semuanya hasil artificial dari algoritma image processor kamera. Bagi sebagian orang hasil seperti ini sangat disukai terutama saat hanya melihatnya di monitor & layar smartphone karena terlihat bagus dan sangat colorful. Namun hasil foto seperti ini menjadi permasalahan serius terutama bagi orang awam yang kemudiannya mencetaknya. Karena teknologi cetak berbeda dengan sekali dengan teknologi layar. Pada layar menggunakan penggabungan 3 cahaya RGB sehingga mampu membentuk jutaan warna dengan Gamut yang sangat luas, sedangkan cetak menggunakan titik-titik warna CMYK yang saling berdekatan untuk membentuk warna yang dilihat mata kita dengan gamut yang lebih jauh sempit. Karena itulah selama ini orang awam yang menggunakan kamera-kamera diatas sering kecewa saat mencetak hasil fotonya karena tidak sebagus saat dilayar. Semua warna, kontras, saturasi dan vivid turun. Dengan gamut yang lebih sempit menjadikan tidak semua warna pada layar dapat direproduksi saat cetak.

Selama bertahun-tahun baik produsen printer, tinta, & kertas foto berusaha untuk meningkatkan gamut warna yang dapat direproduksi saat cetak. Dan sepertinya improvement & innovation itulah yang dilakukan SUN Indonesia dengan teknologinya pada SUN Action Photo Paper. Apakah berhasil??? mari kita buktikan dengan melakukan test print. 

Dalam Test kali ini akan menggunakan hasil dari Smartphone camera dengan mode HDR ON sehingga hasil fotonya pasti memiliki vivid & saturation yang tinggi. Pada umumnya kertas foto tidak mampu mereproduksi warna foto seperti ini dengan baik, banyak warna & detail warna yang hilang.

Berikut adalah hasil test print yang discan ulang dibandingkan dengan file aslinya. 


Note : hasil scan tentunya tidak mampu menggambarkan 100% hasil cetaknya. Namun metode scan adalah yang paling mendekati aslinya, dibandingkan dengan difoto ulang yang dapat terpengaruh cahaya pada saat foto.

Kesimpulan dari cetak foto tersebut adalah hasil warna dari SUN Action Photo Paper ini memiliki Gamut yang lebih luas dari kertas foto pada umumnya. Sehingga beberapa warna yang sebelumnya tidak muncul pada kertas merk lain, di SUN Action Photo Paper ini dapat tampil. Foto aslinya yang kaya warna dapat direproduksi dengan sangat baik pada kertas ini. Foto yang sama ini pernah Indo Gadget cetak beberapa bulan lalu dengan menggunakan kertas foto lain. Pada kertas foto merk lain tersebut hanya mampu menampilkan sekitar 70-75% dari warna yang ada. Sehingga hasilnya lebih pucat dan tidak memiliki saturasi yang tinggi seperti yang terlihat pada layar. Banyak detail yang hilang karena keterbatasan cetak CMYK dikertas tersebut. Pada SUN Action Photo Paper banyak detail warna baru yang akhirnya dapat tercetak dan sangat mendekati hasil pada layarnya terutama dari segi vibrasi warnanya.

Dengan gamut yang lebih luas tersebut menjadikan hasil cetaknya dapat memiliki saturasi warna & vivid melebihi kertas foto merk lain yang pernah Indo Gadget gunakan. Dengan kertas ini setidaknya dapat lebih mendekati warna di pada monitor / layar. Terutama warna layar smartphone yang memang memiliki saturasi tinggi, 

Jadi kertas ini tentunya sangat membantu baik bagi professional yang ingin mencetak fotonya secara digital printing dengan warna yang lebih kaya dengan gamut yang lebih luas. Sekaligus bagi kaum awam yang tidak terlalu mengerti fotografi & post processes-nya dapat mendapatkan hasil terbaik  yang lebih mendekati apa yang dia lihat pada layar komputer & smartphonenya dibandingkan kertas foto merk produsen lain. 

No comments:

Post a Comment