Sunday, August 20, 2017

GBWC 2017 Surabaya, Pemanasan GBWC Indonesia menuju Japan.

Bagi penggemar Gundam di kota pahlawan Surabaya & sekitarnya terutama Jawa Timur, saat ini sedang berlangsung penyisihan kompetisi Gundam paling bergengsi yaitu Gunpla Builder World Cup (GBWC) 2017 Indonesia yang dimulai sejak 17 Agustus 2017. Dimana dari Surabaya ini akan dipilih 2 orang untuk menjadi wakil Surabaya di final GBWC 2017 Indonesia yang akan diadakan di Jakarta Nanti. Sementara 2 orang pemenang dari GBWC 2017 Indonesia nantinya akan dipilih untuk mewakili Indonesia di ajang super bergengsi GBWC Japan pada bulan Desember. Jadi kompetisi ini super bergengsi BRO...


Level gengsi kompetisi ini adalah yang paling tinggi dibandingkan dengan kompetisi gundam builder lainnya. Selain Kompetisi ini disponsori oleh Bandai secara langsung, Kompetisi ini diselenggarakan di 16 Negara. Jadi ini benar-benar kompetisi best of the best. Siapakah best of the bestnya Gunpla Builder di Surabaya? kita masih harus menanti tanggal 27  Agustus nanti untuk mengetahui Juara dari Surabaya baik dari kategori Junior maupun Open.

Untuk lebih adilnya GBWC ini akan terbagi dalam Kategori Junior & Open. Dimana untuk Junior masih terbagi Junior A & Junior B yang terbagi berdasarkan usia. Junior A untuk anak-anak hingga usia 10 tahun, sementara Junior B untuk anak usia 11 hingga 14 tahun. Kategori Openpun terbagi dalam Open A & B. Open A untuk usia 15 hingga 20 tahun, Sedangkan Open B untuk usia 21 tahun keatas.

Penilaian akan terbagi dalam craftmanship, painting, & concept. Jadi kreatifitas dari Gunpla Builder yang akan sangat dinilai dalam kompetisi GBWC ini, bukan sekedar merakit mengikuti buku petunjuk yang ada secara bagus dan rapi. Namun harus mengedepankan modifikasi yang didukung dengan teknik (painting, sculpting, dll) & presentasi (diorama, custom standbase) yang baik dalam sebuah konsep yang unik. Jadi konsepnya bisa apa saja tidak harus dari adegan animasi Gundam saja. Jadi peserta bebas berimajinasi, entah membuat gundamnya menjadi lebih detail, atau menjadi gundam baru dengan menggabung-gabungkan beberapa gundam menjadi 1 unit baru, atau membuat adegan yang super unik.

















Jadi peserta bebas berimajinasi, namun tentunya ada batasannya yang tidak boleh dilanggar oleh peserta, yaitu semua part yang digunakan untuk modifikasi harus Bandai tidak boleh menggunakan part dari bootleg alias barang KW, misalkan menggunakan part backpack dari Daban itu HARAM HUKUMnya dan dapat berakibat diskualifikasi.

Disini terlihat banyak sekali karya peserta yang bagus-bagus. Namun jika dilihat tidak semua master Gunpla dari Surabaya turun untuk bertanding. Entah apakah sebabnya? berikut adalah foto-foto dari suasana GBWC Preliminary Surabaya 2017.

No comments:

Post a Comment