Monday, August 28, 2017

Review : Pigment Pro Ink

Karena kebutuhan di dalam redaksi Indo Gadget untuk mencetak materi yang tahan lama dan tahan air alias waterproof, sehingga tidak ada lagi pilihan bagi Indo Gadget selain membeli 1 printer lagi dan memodifikasinya dengan tinta Pigment. Untuk ini Indo Gadget melakukan riset untuk mencari kualitas tinta pigment yang sesuai dengan standart yang kami cari.

Dalam pencarian tinta pigment terbaik, Indo Gadget dihadapkan tidak terlalu banyak pilihan. Jika kualitas tinta pigment yang asal-asalan sebenarnya cukup banyak, namun tinta tersebut sangat merusak head printer & hasil warnanya jelek. Karenanya Indo Gadget hanya mencari tinta pigment yang berkualitas terbaik, yaitu aman bagi printer, & hasil cetaknya memiliki warna yang cerah. Ternyata tinta pigment yang memenuhi kedua syarat tersebut diatas sangatlah sedikit.



Pada dasarnya printer inkjet diciptakan untuk tinta dye yang berupa larutan/solution, sehingga tidak bisa sembarang diisi dengan tinta pigment. Keuntungan tinta dye adalah warna lebih cerah & glossy. Namun kerugiannya adalah hasil cetaknya tidak tahan air dan daya tahannya untuk cetak gambar mudah memudar setelah beberapa tahun. Karena itu muncullah tinta after market berupa tinta pigment untuk printer inkjet. Tinta pigment ini berupa butiran warna yang terlarut. Keuntungannya adalah sudah waterproof dengan kertas apapun termasuk HVS (inilah yang sebenarnya Indo Gadget butuhkan), lalu hasil cetaknya mampu bertahan lebih lama daripada tinta dye. Namun efek samping dari tinta pigment adalah warna menjadi lebih matte serta membutuhkan kualitas bahan baku yang bagus agar tidak merusak printer. Hal soal kualitas bahan baku inilah yang sering diabaikan oleh tinta after market. Karenanya Indo Gadget sangat berhati-hati dalam memilih tinta pigment.

Redaksi kami membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum memutuskan tinta pigment after market yang akan kami pilih. Dalam pencarian tinta pigment ini berdasarkan berbagai review pengguna yang Indo Gadget temukan di jagat maya, hingga akhirnya kami memutuskan PIGMENT PRO Ink. Keputusan ini kami pilih karena berbagai pengguna di jagat maya menyatakan tinta ini aman & juga pengalaman Indo Gadget dengan produsen PIGMENT PRO Ink untuk produk-produk tinta & kertas lainnya selama ini sangat puas.

Oke langsung masuk ke reviewnya. Tinta Pigment ini kami isikan ke Epson seri L, untuk metodenya review yang kami gunakan kali ini lebih menyorot soal keamanan tinta terhadap head printer. Karena berdasarkan keluhan penggunatinta pigment adalah tersumbat setelah beberapa hari tidak digunakan seperti setelah habis liburan atau setelah weekend. Karena itu kami memilih metode untuk mendiamkan printer tersebut selama tujuh hari dan kemudian mencetak dokumen + gambar sebanyak 100 lembar.

Jadi untuk review ini, setelah printer baru tersebut Indo Gadget isi dengan PIGMENT PRO ink dan mencetak beberapa lembar untuk memastikan semuanya normal. Kami mendiamkan printer tersebut hingga 7 hari tanpa digunakan sama sekali dan setelah 7 hari langsung digunakan untuk mencetak tanpa melakukan head clean.

Hasilnya cukup memuaskan sekali, dari cetakan pertama hingga ke seratus tidak muncul garis karena head yang tersumbat. Padahal dari keluhan pengguna tinta pigment merk lainnya yang kami temukan, jika printer idle alias tidak digunakan hingga 3 hari atau lebih akan langsung menimbulkan garis karena head yang tersumbat, bahkan pada printer yang baru sekalipun. Nah pada tinta PIGMENT PRO dari Sun Indonesia yang kami coba ini bahkan setelah 7 haripun masih baik hasil cetaknya tanpa ada tanda head printer tersumbat.

Berikutnya dalam review ini adalah soal hasil cetaknya, untuk warna cukup cerah, bahkan jauh lebih cerah dari contoh cetak dari tinta pigment merk lain yang kami dapatkan dari tester. Namun jangan membandingkannya dengan tinta Dye, itu sudah memang berbeda jenis pewarna sehingga pasti berbeda sekali. Kemudian hasilnya tetap matte jika dibandingkan dengan dye, namun lebih tampak glossy jika dibandingkan dengan pigment merk lain. Soal waterproof juga sudah dicoba dengan kertas hvs dan tidak luntur.

Jadi kesimpulannya, dari segi keamanan tinta ini sudah memenuhi standart Indo Gadget yang ditest dengan cara membiarkan printer tidak digunakan selama 7 hari dan langsung digunakan tanpa head clean dan hasilnya tidak ada bagian head printer yang tersumbat. Soal warna memiliki kecerahan yang cukup bagus & soal waterproof juga sudah berhasil kami buktikan. Indo Gadget sangat puas dengan keputusan memilih PIGMENT PRO Ink dari Sun Indonesia. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat bagi kawan Indo Gadget yang mencari tinta pigment berkualitas yang aman bagi printer.


No comments:

Post a Comment