Thursday, August 24, 2017

Samsung Note 8, Apakah Sanggup Rebound?

Samsung Note 7 merupakan mimpi buruk bagi Samsung dengan insiden baterai smartphone yang meledak paling parah dalam sejarah. Menjadikan kesuksesan yang super singkat berakhir dengan hancurnya Brand Note 7 yang tidak dapat diperbaiki sehingga akhirnya Samsung menyerah dengan produk ini. Setelah serangkaian penarikan produk tidak mampu menghentikan terjadinya insiden kebakaran, bahkan dengan mengganti supplier bateraipun tidak mampu menghentikan insiden ini.




Karenanya Samsung berbenah pada S8 dengan menerapkan sistem keamanan baru untuk manufacturing baterainya. Yang hasilnya adalah hingga saat ini belum ada satupun berita mengenai S8 yang meledak ditangan user. Sistem ini tentunya diterapkan pada Note 8 agar tidak mengulang nasib yang sama dengan Note 7.

Untuk desainnya mengusung bahasa desain dari S8. Namun tentunya ada 2 perbedaan yang mencolok untuk desainnya yaitu bagian rounded corner yang lebih kecil sehingga terkesan lebih kotak yang akibatnya terkesan lebih professional dibandingkan S8. Perbedaan berikutnya adalah edge sidenya juga lebih kecil sehingga areal datar layar menjadi lebih luas. Dan ini merupakan sesuatu yang bagus untuk note, artinya area untuk menuliskan S-Pen juga lebih luas.

Samsung S8 ini juga adalah samsung pertama yang mengusung dual camera dengan 2 sensor 12 MP dengan image stabilizer pada keduanya. Yang satu dibekali dengan lensa telefocus seperti halnya iPhone 7+. Tidak hanya configurasi lensanya yang mirip dengan iPhone 7+, fitur live focusnya sama dengan mode portrait di iPhone 7+. Namun dengan tambahan sedikit kontrol untuk mengatur seberapa besar efek bokehnya.

Perubahan besar selanjutnya adalah Note 8 kali ini sudah Water Resistant, bahkan S-Pen dapat digunakan saat layarnya basah. Ini adalah improvement yang sangat bagus sekali untuk seri Note. Setidaknya mengamankan dari bahaya terkena tumpahan cairan saat tempat umum seperti cafe, atau tertumpah minuman saat rapat, dll. Namun ingat apapun iklan yang dikatakan oleh manufaktur mengenai fitur water resistant & waterproofing pada smartphone saat ini jangan dengan sengaja membawanya berenang.

Untuk dapur pacu Samsung Note 8 ini masih tetap menggunakan SOC yang sama dengan S8, yang merupakan masih SOC tercepat untuk android yang ada saat ini. Namun dari sisi Ram berbeda, Note 8 menggunakan 6GB Ram. Meningkat 2GB dari ram yang digunakan pada S8.

Baterai menggunakan 3300mAh. Disini tampaknya Samsung berusaha bermain aman dan tidak mengulangi tragedi Note 7. Sebenarnya asalkan Softwarenya benar-benar optimal. Kapasitas 3300mAh akan cukup untuk penggunaan 1 hari. Namun ini kembali pada power management dari software yang dirancang oleh Samsung Note 8. Mengingat layarnya sangat besar 6.3", yang tentunya menjadikan baterai 3300mAh terkesan minimalis sekali.

Untuk Samsung Dex juga seperti halnya pada S8, juga hadir pada Note 8 ini. Jika fitur ini terus dikembangkan oleh Samsung, mungkin dapat menjadi populer dalam 2 generasi berikutnya atau paling lambat pada 3 generasi berikutnya.  Itu dengan catatan bahwa Samsung terus mengembangkan Dex apapun hasil sambutan konsumen pada generasi yang sekarang ini. Bixby juga menjadi digital assistant utama seperti padahalnya S8 dan tetap dilengkapi dengan dedicated button.

Untuk harga dipastikan akan diatas S8, jadi jika ingin meminang Note 8 segera  siapkan kartu kreditmu untuk mengikuti promo Pre Order yang akan segera dibuka. Dan jika melihat track record selama ini tentunya akan dipenuhi dengan bonus bagi peserta Pre Order.

No comments:

Post a Comment