Wednesday, September 13, 2017

Yang Perlu Anda ketahui dari New iPhone

Pada 12 September 2017 pukul 10 waktu setempat (San Fransisco) atau sekitar pukul 1 pagi WIB  13 September 2017, Apple meluncurkan beberapa produk barunya terutama seputar iPhone. Total ada 5 produk baru yang diluncurkan dengan 3 diantaranya adalah iPhone.

Produk-produk barunya adalah iPhone 8, iPhone 8+, iPhone X, Apple Watch 3, & Apple TV 4K. Tentunya paling menarik perhatian adalah iPhone X yang mengusung desain benar-benar berbeda dengan bahasa design iPhone selama ini. Tanpa home button dan mengandalkan 100% pada swipe gesture.




iPhone 8, iPhone 8+, & iPhone X
Ketiga iPhone ini diperkuat oleh dapur pacu yang sama yaitu A11 Bionic Chips. Chips A11 ini tentunya akan sangat menjadi mimpi buruk bagi Qualcomn & Samsung. Karena hingga saat inipun snapdragon 835 & exynos 8895 bahkan tidak mampu mengalahkan performance A10 yang telah berumur 1 tahun tersebut. Pada A11 yang telah menjadi Hexacore ini memiliki raw performance mengerikan yaitu 4000++ untuk single core, & 10.000 untuk multicore. Tidak ada satupun chips android yang memiliki performance mendekati performance chip dari apple ini terutama untuk single core.

Untuk kamera terutama pada 8+ & X terjadi peningkatan dibandingkan dengan 7+ yang muncul tahun lalu yaitu dual ois untuk kedua kamera belakang. Dengan adanya ois pada kedua kamera belakang tentunya sangat membantu untuk meningkatkan performance pada kondisi low light. Lalu untuk mode portrait ada peningkatan dengan algoritma yang lebih baik serta muncul portrait lighting yang masih dalam status beta. Dengan portrait lightning ini dapat memberikan efek cahaya secara digital dengan memanfaatkan kedua kamera belakang tersebut.

Lalu pada semua iPhone baru ini sudah mendukung wireless charging, meski belum diketahui apakah support untuk quick charging saat menggunakan wireless. Namun wireless charger pad dari apple sendiri saat ini belum tersedia.

Untuk iPhone X tidak lagi menggunakan touch ID melainkan face ID yang menggunakan beberapa sensor pada bagian depan iPhone untuk membuat 3d maps dari wajah pemiliknya. Tentunya ini trade off yang tidak menarik bagi sebagian orang, setidaknya saat ini. Entah bagaimana performance & tanggapan pengguna terhadap face id ini nanti saat sudah beredar. Seharusnya apple tetap memberikan pilihan touch id, misalkan seperti pada rumor yang beredar sebelumnya yaitu dengan memindahkan pada bagian belakang tepat pada apple logo. 

Bagi Indo Gadget desain iPhone X adalah yang paling menarik dari semua smartphone bezel less yang beredar pada 2017 ini. Namun perubahan user experience yang ditawarkan iPhone X belum tentu disukai oleh pengguna iPhone sebelumnya, karena hilangnya home button. Dimana home button menjadi bagian penting untuk navigasi penggunaan iphone mulai dari iphone 2g hingga iphone 8. Entah apakah perubahan ini akan disambut positif atau tidak? tampaknya harus menunggu hingga awal november nanti.

No comments:

Post a Comment