20180126

Cara Mudah Membuat Member Card Dengan PVC Card Kit


Membuat member card sendiri dengan printer inkjet menggunakan Instant PVC Card Kit dari SUN Indonesia ternyata sangatlah mudah.  Jika sebelumnya anggapan membuat member card menggunakan pvc card itu rumit dan memerlukan banyak biaya karena bahan alias materialnya termasuk mahal. Kini dengan Instant PVC Card Kit dari SUN Indonesia prosesnya mudah & harganya juga terjangkau. Karena hanya berisi 5 sheets per pack sangat cocok baik bagi penggunaan pribadi maupun pelaku usaha pemula. Jika dulu sebelum adanya Instant PVC Card Kit ini untuk membuat membership card sendiri berbahan pvc menjadi mahal sehingga memilih menggunakan jasa. Namun sekarang dengan per-pack yang tidak sampai 40 ribu Rupiah dan dapat membuat sekitar 50 member card. Tentunya Lebih ekonomis membuat sendiri daripada menggunakan jasa, terutama ternyata prosesnyapun cukup mudah.





Berikut ini tutorial membuat kartu dengan sendiri dengan printer inkjet & Instant PVC Card kit.


  1. Tentunya pertama adalah membuat desain kartunya di komputer dengan ukuran yang lebih besar daripada alat pemotong kartu. Biasanya alat pemotong kartu itu memiliki ukuran 8,5 x 5 cm. Sehingga desain kartu beserta safe area menjadi sekitar 8,9 x 5,4 cm
  2. Setelah desain selesai tentunya perlu disusun kedalam bidang cetak PVC Card dengan ukuran dokumen 20 x 30 cm. Sehingga bisa mendapatkan kurang lebih 50 kartu dengan desain dua sisi (bolak balik) dari 1 pack PVC Card Kit ini.
  3. Masukkan bahan cetak pvc (tipis dan sedikit transparant) ke dalam mesin printer. Sisi yang lebih halus adalah sisi cetak, sisi yang dof merupakan sisi pelindung saat proses laminasi. Jangan sampai salah memasukkan sisi laminasi ke printer, sisi ini tidak dapat dicetak sehingga tinta akan luntur dan mengotori tray printer.
  4. Setting printer dengan pilihan kertas matte dengan pilihan best setting. DAN PALING PENTING centang mode mirror image. 
  5. Setelah selesai printing tips dari Indo Gadget agar hasilnya bagus didiamkan dulu sampai tinta mengering. Jangan langsung memasukkan hasil cetak ke mesin laminasi.
  6. Panaskan mesin laminasi dengan setting 150º celcius.
  7. Ambil bahan pvc yang tebal lalu kupas plastik pelindungnya. Letakkan bahan tebal ditengah diapit dengan bahan yang tipis. Dengan bagian cetak menghadap ke bahan tebal.
  8. Setelah mesin laminasi sudah stabil di 150º celcius. Masukkan bahan tebal & tipis yang sudah disiapkan dilangkah sebelumnya. Ulangi proses ke mesin laminasi ini beberapa kali dan balik agar kedua sisi memperoleh pemanasan yang rata & melekat dengan baik.
  9. Dinginkan hasil laminasi dengan ditindih bahan yang cukup berat dan rata seperti buku telepon.
  10. Setelah dingin dapat dipotong menggunakan alat potong kartu. 
Cukup mudah & terjangkau. Jika sering membuat kartu sendiri tentunya lebih murah membuat sendiri daripada menggunakan jasa cetak. Prosesnyapun sangat mudah. Dan selain untuk keperluan sendiri juga dapat dibisniskan. 

No comments:

Post a Comment