20180130

Fingerprint ID Pada Kamera & Lensa Canon


Fingerprint untuk gadget telah menjadi semakin umum. Jika sebelumnya dimunculkan pada laptop, lalu kemudian pada smartphone. Kini Canon yang merupakan salah satu perusahaan kamera & lensa terbesar didunia memasukkan sebuah patent yang sangat menarik. Yaitu pengintegrasian fingerprint ID kedalam body kamera & lensa. Selain untuk keamanan juga fingerprint ini untuk mengaktifkan sejumlah fitur khusus seperti AF, image stabilizer, dll.



Dalam patentnya, dikatakan bahwa pemilik dalam meregistrasikan sejumlah ID sehingga dapat membentuk 1 grup saja yang dapat menggunakan kamera & lensa tersebut. Orang yang tidak terdaftar hanya akan dapat mengoperasikan kamera & lensa tersebut secara limited atau bahkan tidak dapat mengoperasikannya sama sekali.

Tentunya hal ini dapat berguna sekali untuk keamanan, terutama jika tidak dapat diretas dengan cara apapun termasuk install ulang firmware. Jika semakin sulit untuk ditembus tentunya menurunkan minat orang untuk mencurinya. Namun jika mudah ditembus dengan hanya hard reset atau install ulang firmware, ya bisa dikatakan fingerprint id ini menjadi tidak berguna.

Bagaimana Canon akan mengimplemtasikan patent ini ke produk mereka belum ada kejelasan. Dan kapankah patent ini akan masuk kedalam final produk juga belum ada statement dari Canon. Namun keamanan seperti ini akan sangat membantu para professional & juga pemula dalam mengamankan kamera & lensa mereka.

Oke mari kita tunggu kapankah Canon akan mewujudkan patent ini untuk produk mereka.

No comments:

Post a Comment