Tuesday, January 16, 2018

Fitur S9 yang Tidak ada di Smartphone Lain.


Meski masih lebih dari 1 bulan dari waktu dijanjikan Samsung untuk melaunching Galaxy S9. Namun baru saja pihak Samsung memberikan kepastian mengenai beberapa fitur-fitur baru untuk flagship terbaru mereka di 2018 ini. Dari banyak fitur andalan, ada 1 fitur yang sangat menarik dari S9, yaitu variable aperture pada kamera utamanya.


Untuk pembaca Indo Gadget yang awam mengenai fotografi, Aperture adalah lubang pada kamera sebagai tempat masuknya cahaya sekaligus bersama shutter speed berfungsi untuk mengontrol jumlah masuknya cahaya (Exposure). Aperture dengan angka yang kecil berarti memiliki bukaan lubang yang semakin besar sehingga cahaya yang masuk semakin banyak. Sementara angka aperture yang besar berarti memiliki bukaan lubang yang semakin kecil sehingga cahaya yang bisa masuk semakin sedikit. Efek dari aperture selain banyak sedikitnya cahaya juga sangat berpengaruh pada depth of field (DoF). Aperture dengan bukaan besar seperti f/1,4 memiliki DoF yang sempit sehingga cocok untuk foto portrait wajah dengan bokeh pada background. Sementara Aperture dengan bukaan kecil seperti f/22 memiliki DoF yang luas sehingga cocok untuk foto landscape pemandangan.

Pada kamera dari era feature phone hingga smartphone saat ini selalu menggunakan fixed apperture. Jadi kamera hanya memiliki 1 nilai aperture dan untuk mengontrol jumlah cahaya alias exposure hanya tergantung pada shutter speed saja. Efeknya seperti yang pernah Indo Gadget bahas dalam artikel berbeda bahwa dengan fixed aperture ini ada beberapa efek foto yang sulit dilakukan dengan smartphone seperti long exposure di siang hari. Trend Smartphone hingga saat ini adalah memiliki bukaan aperture yang besar untuk mendukung low light. Pendekatan ini cukup bagus untuk hampir semua kondisi foto, namun tidak memberikan fleksibilitas seperti pada mirrorless, DSLR, maupun compact camera.

Namun dengan fitur baru dari S9 ini yang  memungkinkan untuk merubah aperture pada kamera utama adalah yang pertama disebuah smartphone. S9 memiliki aperture yang dapat berubah dari f/1,5 hingga f/2,4. Efek dari aperture yang variable ini adalah S9 tetap mampu memberikan low light performance yang bagus pada f/1.5 dan mampu memberikan DoF yang lebih Luas saat digunakan pada foto landscape disiang hari. Fitur ini adalah yang pertama dan sebuah breakthrough teknologi untuk semua kamera pada smartphone yang tentunya berukuran sangat kecil. 

Namun belum ada kepastian apakah kamera utama pada S9+ akan mengusung fitur yang sama.


No comments:

Post a Comment