Thursday, January 25, 2018

Google The Creepy Big Brother


Google melalui pengaturan di sejumlah google apps seperti photos, maps, & Play Store dapat memperoleh data GPS kita secara real time & akurat. Ini terdengar cukup creepy saat perusahaan sebesar google semacam "big brother" yang dapat memperoleh data lokasi kita terus menerus.
Data lokasi ini saat ini lebih banyak digunakan untuk iklan, lalu traffic prediction data, rekomendasi lokasi seperti restoran, toko-toko, dll. Jadi saat kita membuka google maps dan dapat melihat jalan mana yang macet dan mana yang lancar itu semua karena hampir semua user android memperbolehkan devices mereka untuk mengirimkan data gps ke server secara google. Atau misalkan saat sedang travelling dan kita mengunjungi suatu lokasi seperti mall atau museum, google akan memberikan notifikasi mengenai tempat-tempat yang menarik disekitar tempat yang kita kunjungi.

Bahkan untuk di negara maju, seperti di singapore. Dari data yang diperoleh google dapat mengetahui mode transportasi yang kita naiki dan memberikan rekomendasi berdasarkan kebutuhan kita secara otomatis. Seperti kembali ke bandara dengan menggunakan MRT, jika tiket yang kita beli dikirim ke alamat gmail atau account email tersebut kita masukkan ke perangkat android, Google akan memberikan notifikasi secara otomatis jika mode transportasi yang kita pilih akan menyebabkan keterlambatan boarding pesawat. 

Hingga disini tidak terkesan tidak menakutkan. Namun jika data ini bocor ke tangan pihak lain tentunya dapat dengan mudah dimanfaatkan untuk sesuatu yang tidak kehendaki. Karena data yang dikumpulkan melalui perangkat android itu tidak hanya data lokasi, juga data jaringan yang kita pakai seperti on cellurar atau wifi. Bahkan jika menggunakan Wifi data mac address juga terkirim ke server google. Jika smartphone kita memiliki barometric sensor juga dapat mengirimkan data barometer dari lokasi kita. 

Jika anda seorang yang sensitif mengenai privacy & data pribadi dapat mematikan fitur ini melalui location setting pada setting android. Terletak pada 2 tab yaitu Google Location History & Google Location Sharing. Pastikan kedua tab ini pada posisi off. Karena dengan menyalakan Google Location History, meski google app seperti maps tidak sedang dipakaipun google tetap menerima data lokasi anda secara real time. 

Dan cek setiap kali ada update os & update google apps seperti maps & photos agar tidak on kembali secara tidak sengaja.

No comments:

Post a Comment