20180117

Kontrol Flash Studio dengan Smartphone

Kamera smartphone semakin bagus dari tahun ke tahun, meski belum sampai pada level kualitas dari micro third camera sekalipun. Namun kamera smartphone sudah mencukupi untuk berbagai keperluan fotografi terutama foto untuk sosial media, foto produk online shop, foto liburan, dan berbagai keperluan foto lainnya yang tidak memerlukan untuk mencetak hasilnya dalam ukuran super besar, hasil dari smartphone saat ini dapat dikatakan sangat bagus terutama dari smartphone flagship seperti iPhone 8, iPhone X, S8, Note 8, Pixel 2, V30, dll.



Namun sebagus apapun ada satu batasan yang dimiliki oleh smartphone yaitu tidak dapat menggunakan flash studio. Selama ini jika ingin membuat seakan foto dengan studio light, kita harus mengunakan continues light yang biasanya dipakai untuk modelling light di studio. Tentunya dengan setup seperti ini kita tidak dapat menggunakan setting iso terendah. Karena modelling light tidaklah terlalu terang. Fungsi sebenarnya dari modelling light hanya membantu fotografer dalam memperkirahkan area highlight & shadow pada object photo. Bukan untuk menerangi objek.

Saat ini ada sebuah produk dari China berasal dari sebuah perusahaan yang biasa membuat speelight & light studio. Telah memproduksi sebuah external flash untuk smartphone yang terkoneksi melalui bluetooth 4.0. Kerennya external flash ini multi fungsi juga sebagai transmitter untuk mengontrol flash lainnya dari pabrikan yang sama atau menjadi receiver yang dapat dikontrol oleh transmitter lainnya. Nama produk ini adalah Godox A1 yang diproduksi oleh Godox. Bagi yang biasa menggunakan flash dari China tentunya tidak asing dengan brand ini.

Godox A1 ini harus digunakan bersama dengan app khusus yang sayang hingga saat ini baru tersedia untuk iOs. Dengan menggunakan app ini dapat melakukan manual control pada iPhone. Seperti iso, shutter speed, wb. Sayangnya tidak bisa untuk mengatur focus. Kekurangan lainnya adalah Sync speednya adalah 1/35 jadi tidak dapat benar-benar untuk freezing pada low light.

Namun untuk foto sebuah produk kecil terutama bagi yang sangat membutuhkan untuk foto barang kecil namun tidak memiliki kamera selain smartphone, kekuatan dari Godox A1 ini sudah mencukupi. Flash ini dapat disetting baik dari apps maupun dari fisik flash ini sendiri.

Untuk foto manusia sebaiknya hanya difungsikan sebagai transmitter controller dari flash lain yang memiliki GN number lebih besar dan sudut cahaya yang lebih lebar daripada godox A1 yang berukuran kecil. Sudah dilengkapi dengan transmitter 433mhz dan 2,4ghz yang sekali lagi sayangnya terbatas hanya untuk flash dari Godox saja.

Jika dapat digunakan untuk flash merk lain tentunya akan lebih berguna.

No comments:

Post a Comment