20180124

New DJI Mavic Air


Yang terbaru dari DJI adalah DJI Mavic Air yang dilaunching di kota New York 23 Januari 10 AM waktu new york, atau sekitar kemarin malam waktu di Indonesia. Produk baru ini bukan merupakan major upgrade untuk Mavic Pro. Melainkan sebuah line produk baru yang berada diantara spark & Mavic Pro. Jadi produk baru ini mengisi kekosongan antara spark & mavic Pro. Dengan ukuran yang mendekati Spark, namun telah dilengkapi dengan segala kecanggihan & desain Mavic Pro.

Jika Spark ditujukan untuk pemula yang dikendalikan dengan smartphone dibanderol dengan $399 atau jika ingin combo dengan controller menjadi $ 499. Kemudian Mavic Pro dibanderol pada harga $999 untuk standard edition dan $1099 untuk versi platinum yang lebih quiet & waktu terbang lebih lama 3 menit. Produk baru ini masuk tepat ditengah-tengah antara dua produk ini yaitu dibanderol pada $799. Selain itu produk ini ditujukan pula bagi pengguna yang menginginkan ukuran yang lebih portable daripada mavic pro yang sebenarnya sudah sangat portable terutama jika dibandingkan dengan phantom series. Namun memiliki kualitas video & quadcopter yang diatas Spark.

Dengan harga yang lebih ringan serta ukuran yang lebih kecil tentu ada yang membuat drone ini tidak sepowerful Mavic Pro. Pertama adalah flight time, Mavic Pro memiliki flight time 27 menit untuk versi awal dan menjadi 30 menit pada versi Platinum. Sedangkan pada Mavic Air flight time terpangkas menjad 21 menit. Kedua adalah jarak terbang yang pada mavic pro  7 km pada mavic air menjadi 4 km. Cukup jauh terutama bagi pengguna non professional. Kecepatan maksimum pada mode sport di mavic pro adalah 65 km/jam sementara pada mavic air sedikit lebih cepat menjadi 68 km/jam.


Untuk Cameranya mavic air sudah menggunakan 3 axis gimbal seperti halnya pada mavic pro. menggunakan ukuran sensor yang sama namun tidak diketahui apakah menggunakan sensor yang sama atau berbeda. Dengan kemampuan untuk mengambil foto 12MP & video 4K pada 30 FPS. Hasil untuk video sekilas tampak tidak terlalu berbeda dengan Mavic Pro jika dilihat pada generic 4k display. Bahkan max video bitrate lebih tinggi pada mavic air yang sebesar 100mbps sementara pada mavic air hanya 60mbps. Semakin besar bitrate akan semakin banyak informasi terutama detail warna. Untuk saat ini antara keduanya tampak color processing antara mavic pro & mavic air memiliki logaritma yang berbeda. Tampak dari beberapa hasil shoot yang diambil pada lokasi & waktu yang sama, keduanya memiliki color tune yang berbeda.


Kesimpulannya ini adalah versi lite dari mavic pro yang memiliki potensi untuk mengkanibal pasar mavic pro itu sendiri karena faktor harga & kualitas video yang sangat sulit dibedakan antara keduanya.

No comments:

Post a Comment