20180129

Penjualan iPhone X Tidak Mencapai Target, Apple Memangkas Jumlah Produksi


Penjualan iPhone X yang tidak mencapai target penjualan untuk High Season pada akhir tahun kemarin (Natal & Tahun Baru), membuat Apple harus menurunkan produksi iPhone X pada quater pertama 2018 hingga separuhnya. Jika sebelumnya Apple menargetkan produksi sebanyak 40 juta iPhone X, kini target tersebut dipangkas tidak tanggung-tanggung menjadi hanya separuhnya yaitu 20 juta unit saja untuk iPhone X. Sementara untuk iPhone 7, 7+, 8 , & 8+ masih tetap pada target sebelumnya yaitu 30 Juta unit untuk Q1 2018.


Penjualan iPhone X yang tidak sesuai target ini tentunya karena kesalahan Apple sendiri yang juga merilis iPhone 8 & 8+ bersamaan dengan iPhone X. Meski pada awalnya analis mengira iPhone X yang akan mengkanibal pasar iPhone 8 & 8+ namun pada kenyataannya yang terjadi adalah sebaliknya iPhone X-lah yang terkanibal oleh dua saudaranya tersebut. Faktor harga & specs internal yang mirip membuat orang kebanyakan akhirnya lebih memilih iPhone 8 & 8+. Faktor lainnya adalah masih banyak user yang lebih memilih menggunakan Touch ID yang dianggap lebih nyaman daripada Face ID yang ditawarkan iPhone X. 

User Experience iPhone X terutama battery life tidak sesuai ekspetasi banyak user tentunya menjadi faktor lain pula mengapa akhirnya pada saat akhir tahun 2017 yang seharusnya merupakan high season bagi penjualan gadget & biasanya merupakan rekor dalam penjualan iPhone setiap tahunnya. Kali ini iPhone X gagal meraih target yang ditetapkannya.

Tentunya penurunan jumlah produksi hingga separuh ini akan memberikan domino effect bagi banyak industri yang terlibat dalam produksi iPhone X. Kerugian jutaan dollar pasti akan terjadi bagi banyak pelaku usaha yang bermitra dengan Apple untuk mensupply key spare part dari iPhone X.

Seharusnya dari awal Apple hanya mengeluarkan 1 model yaitu iPhone X saja, mungkin penjualannya akan lebih baik. Dengan adanya 3 pilihan model baru & sejumlah model lama yang masih dijual, tentunya akan menurunkan penjualan dari iPhone X tersebut. Kesalahan management yang harus dibayar mahal tidak hanya oleh Apple namun semua mitranya.

No comments:

Post a Comment