20180111

Rumor Samsung Galaxy S9

Kita semakin mendekati waktu untuk galaxy S memperoleh refresh tahunan. Di CES 2018 yang baru saja ini, pihak Samsung belum menampilkan seperti apakah generasi penerus dari S8 & S8+. Namun pihak samsung mengatakan Galaxy S9 nantinya akan dilaunching bersamaan dengan MWC 2018 yang akan diadakan pada akhir februari hingga awal maret 2018. Hal ini tentunya secara timeline pas dengan tahun lalu. Dimana S8 & S8+ juga dilaunching pada awal maret dapat mulai dikirim kepada peserta pre order pada april 2017 lalu. Tahun ini tampaknya akan tetap menggunakan timeline yang hampir sama.

Sejauh ini rumor dari S9 yang dapat dikonfirmasi adalah sudah menggunakan dual camera dengan setup vertical untuk varian S9+. Untuk konfigurasi kameranya kemungkinan akan seperti pada Note 8. Peletakan kamera belakang akan berada di tengah dengan finger print tepat di bawahnya. Perpindahan letak finger print dari sebelumnya berada disamping ini tentunya disambut gembira oleh para user yang sebelumnya mengeluhkan peletakan fingerprint pada S8 & S8+.

Untuk dapur pacunya akan menggunakan Snapdragon 845 (pasar amerika serikat) & exynos 9810 (untuk pasar diluar amerika). Kedua chipset ini akan menawarkan performa tercepat untuk q1 2018 bagi smartphone android. Meski secara raw power masih tetap belum mampu mengejar kemampuan dari A11 Bionic Chip dari Apple. Namun dipastikan kedua chip ini akan memberikan flawless experience dengan Android Oreo.

Berikutnya fitur andalan dari S9 adalah selain layar HDR seperti pada generasi sebelumnya, S9 ini juga mampu merekam HDR Video yang akan tampil dengan detail istimewa pada layar yang sudah support HDR Video. Menjadikan kualitas video dari S9 ini akan naik 1 tingkat lagi dibanding pendahulunya. Fitur slow motion juga akan ditingkatkan lagi dibandingkan S8.

Bixby juga tentunya akan mengalami peningkatan yang cukup significant dibanding sebelumnya. Namun apakah sudah setara dengan goggle now??? itu adalah pertanyaan yang akan terjawab setelah launching dan dicoba oleh user. 

Yang belum ada kepastian adalah mengenai nasib samsung DEX pada S9. apakah ada peningkatan atau fitur ini justru ditinggalkan. Mengingat samsung suka sekali menambah dan menghilangkan fitur yang dianggap tidak diterima penggunanya.

Secara desain bagian depan tidak akan ada perubahan radikal, namun untuk panel belakang dengan penataan ulang kamera dan fingerprint akan sangat berbeda dengan S8. Bagaimana apakah tertarik untuk upgrade ke S9?

No comments:

Post a Comment