Monday, February 19, 2018

Apa yang bisa dinanti dari MWC 2018???


Dengan semakin mendekati MWC 2018 yang tinggal 1 minggu lagi, rumor yang beredar sudah semakin memiliki titik terang mengenai kira-kira apa yang akan dibawa oleh pabrikan besar dalam ajang pameran tahunan mobile phone terbesar ini.


Jika Samsung sudah memastikan bahwa mereka akan membawa Samsung S9 & S9+ dalam ajang MWC 2018 ini. Sementara dari pabrikan lain seperti huawei ternyata mereka batal untuk melaunching P11/P20 bersamaan dengan MWC 2018 di barcelona nanti. Huawei akan mengantinya dalam event berbeda pada 27 Maret di Paris. Jadi pada MWC 2018 ini Huawei akan lebih berkonsentrasi pada produk notebook mereka yang berada dalam seri Matebook.

Sementara Nokia akan menghadirkan Nokia 9 & Nokia 7+ dalam ajang MWC. Sementara Nokia 9 sendiri berdasarkan rumor akan menggunakan Snapdragon 834 yang merupakan chip tahun lalu. Yang tentunya menjadi kurang menarik bagi sebagian besar konsumen yang mengharapkan teknologi terbaru pada segment flagship.

Dari pihak Sony yang dulu terkenal sebagai smartphone dengan desain innovative namun selama 2016 & 2017 meredup karena disaat pabrikan lain mengikuti trend pasar yang menginginkan bezelless, Sony tetap bertahan dengan bahasa desain mereka. Tahun ini mereka akan membawa Xperia ZX Pro yang kemungkinan akan menggunakan desain bahasa desain yang telah disegarkan. Mungkin kita tidak dapat berharap bezelless design dari Sony ditahun ini. Namun bisa jadi Xperia ZX Pro akan menjadi Xperia dengan bezel paling tipis untuk saat ini.

Lalu bagaimana dengan Xiaomi, semula ada kabar bahwa mereka akan melaunching Mi 7 dalam event ini. Yang kemudian rumor berubah menjadi Mi Mix 2s. Namun yang terbaru datang dari Mi India bahwa dalam MWC tahun ini Xiaomi akan lebih berkonsentrasi memperkenalkan produk ekosistem mereka dengan menampilkan produk-produk smarthome yang terkoneksi langsung ke smartphone.

Sedangkan untuk Motorola (Lenovo) mereka akan menampilkan produk low entry mereka dalam ajang kali ini Yaitu Moto G6, Moto G6 Play & Moto G6 Plus. ketiga smartphone ini merupakan low entry & mid entry yang diperkuat dengan chip Snapdragon 430 untuk Moto G6 & G6 Play. Sementara Chipset menengah Snapdragon 630 akan digunakan untuk Moto G6 Plus.

Sejauh ini yang benar-benar menarik dari MWC 2018 hanya samsung. Entah jika ada kuda hitam yang tampil pada last minute.

No comments:

Post a Comment