20180223

DJI Osmo Mobile 2 VS Zhiyun Smooth Q


Electronik Gimbal saat ini seperti sebuah tool yang wajib sekali bagi seorang vlogger. Dengan harga yang semakin terjangkau, namun mampu memberikan hasil shoot yang seperti professional dengan menggunakan smartphone. Untuk Elektronik Gimbal dengan harga yang ekonomis saat ini ada kontender yaitu DJI Osmo Mobile 2 VS Zhiyun Smooth Q.  Harga dalam dolarnya sebenarnya keduanya sangat mirip, namun untuk harga di Indonesia DJI Osmo Mobile 2 yang baru keluar di bulan ini masih memiliki harga yang lebih tinggi daripada Zhiyun Smooth Q yang telah ada dipasaran hampir 1 tahun. Mungkin untuk harga DJI Osmo Mobile 2 mendekati harga dolarnya dalam beberapa bulan kedepan.


Oke Harga real dari kedua gimbal ini sangat mirip. Dengan official price $129 untuk Osmo Mobile 2 & $125 untuk Zhiyun Smooth Q. Dengan selisih hanya $4 menjadikan kedua gimbal ini layak untuk dibandingkan karena berada pada price range yang sama.

Oke pertama adalah mengenai battery life. Osmo Mobile 2 memiliki baterai life lebih lama dengan klaim dari DJI sekitar 15 Jam & pada kenyataannya sedikit kurang dari itu namun tidaklah terlalu jauh jika menggunakan smartphone dengan ukuran menengah. Sedangkan Zhiyun Smooth Q memiliki battery life sekitar 12 jam. Jadi untuk baterai lebih unggul Osmo Mobile 2 dibandingkan dengan Zhiyun Smooth Q. Namun 12 jam tetap adalah sebuah waktu yang cukup solid, bahkan untuk vlogger travelling. Namun extra 3 jam tentunya sangat bagus. Keduanya dapat digunakan sebagai powerbank untuk charging smartphone, yang tentu saja dengan difungsikan sebagai powerbank akan mengurangi battery life. Sebagai perbandingan Osmo mobile gen pertama hanya memiliki battery life 4 jam saja. Jadi kedua produk ini memiliki battery life yang bagus sekali, dan Osmo Mobile 2 memiliki battery life yang lebih baik.

Berikutnya adalah build quality, meski keduanya berada price range yang dapat dikatakan budget banget namun keduanya memiliki build quality yang solid. Meski semua body terbuat dari plastik, namun keduanya tampak solid. Cukup Sturdy meski tidak ada metal body seperti pada gimbal yang lebih mahal. Namun dengan body plastik ini memberikan keuntungan tersendiri untuk kedua gimbal ini, yaitu beratnya menjadi jauh lebih ringan daripada gimbal lainnya yang lebih mahal. Untuk handgrip lebih nyaman pada Osmo Mobile 2 daripada Smooth Q. Namun perbedaannya tidak terlalu signifikan.

Tentang App pendukung tentu saja dimenangkan oleh DJI daripada Zhiyun. App yang lebih stabil & lancar menjadi daya tarik utama Osmo Mobile 2 dibandingkan dengan Zhiyun. Zhiyun memiliki fitur yang menarik seperti mampu pan 360º tanpa batas, sementara Osmo Mobile 2 hanya mampu 340º. Namun untuk fitur tracking lebih dimenangkan Osmo Mobile dibandingkan Zhiyun Smooth Q. Smooth Q lebih lambat untuk tracking dibandingkan Osmo Mobile 2. Namun Smooth Q memiliki fitur yang sangat menarik untuk vlogger. yaitu dengan hanya double tap smartphone akan otomatis berputar dari menghadap ke arah depan menjadi ke arah perekamnya. Yang tentunya fitur ini sangat penting untuk vlogger atau untuk seorang traveller, bahkan bagi seorang yang sekedar merekam untuk iseng sekalipun. Oke jadi dari segi software & Fitur keduanya memiliki kelebihan & kekurangan masing-masing, namun untuk sisi ini dapat dikatakan imbang.

Untuk stabilisasi keduanya memberikan hasil yang memuaskan terutama jika fitur EIS pada smartphone juga dinyalahkan. Namun khusus untuk Osmo Mobile 2 hasilnya tidak sebagus yang pertama untuk stabilisasi. Namun Osmo Mobile 2 dan Smooth Q mampu mengambil gambar dalam posisi portrait, sementara osmo mobile 1 tidak mampu melakukan hal tersebut.

Kesimpulannya, kedua gimbal ini meski ekonomis namun cukup solid dan yang terpenting get the job done. Jika ingin battery life yang lebih baik Osmo Mobile 2 lebih unggul di sisi ini. Namun jika harga di Indonesia jadi pertimbangan, untuk saat ini tentu saja Smooth Q lebih murah. Osmo Mobile yang merupakan barang baru dengan sedikit sekali jumlahnya dipasaran menjadikan harganya diatas harga sesungguhnya. Namun untuk saat ini dukungan app Osmo Mobile 2 hanya baru terbatas untuk iOs, sementara untuk android akan menyusul dalam waktu dekat ini.

Tambahan kedua gimbal ini tidak ada slot untuk menggunakan asesories tambahan seperti external mike seperti pada Osmo Mobile 1.

No comments:

Post a Comment