20180208

Elon Musk Luncurkan Mobil Tesla Roadster Ke Luar Angkasa.


Elon Musk yang merupakan CEO dari Tesla & Space X program sempat dikira bercanda saat sebelumnya sempat berkata ingin mengirimkan mobil tesla ke luar angkasa. CEO yang tergolong nyentrik ini ternyata tidak bercanda. Baru saja untuk berhasil mengirimkan mobil Tesla Roadster berwarna merah keluar angkasa menggunakan Falcon Heavy Rocket yang merupakan bagian dari project Space X.




Project Space X sendiri merupakan suatu breakthrough dalam industri roket untuk perjalanan ke luar angkasa. Karena Space X menggunakan roket yang dapat digunakan kembali. Pada roket konvensional hanya dapat digunakan 1 kali saja, karena pasti rusak pada waktu reentry (proses roket kembali masuk ke atmosfir bumi). Roket konvesional akan dijatuhkan ke laut dan kemudian semua komponenya tidak dapat digunakan kembali. Sementara roket pada program Space X ini saat proses reentry akan dapat mendarat ke atas kapal khusus. Sehingga roket dapat digunakan berulang-ulang.

Jika selama ini Space X dengan Falcon 9 sudah sukses berulang kali dengan membawa payload kecil ke low orbit. Kini untuk pertama kalinya Falcon Heavy Rocket berhasil membawa payload yang lebih berat ke Low Orbit. Bahkan dalam percobaan kali ini dari 3 bagian roket, 2 berhasil didaratkan dengan sukses. Sementara bagian yang ke-3 saja yang jatuh kelaut. Meski tidak sempurna, ini dapat dikatakan sukses, karena untuk bisa mendaratkan rocket yang sudah digunakan itu sendiri sudah sangat susah.

Konsep reuseable rocket ini tentunya akan membuat perjalanan ke luar angkasa semakin murah. Terutama untuk membawa satelit ke orbit, membawa komponen ke dalam ISS, dll. Bahkan kedepannya Elon Musk berambisi untuk membuat Falcon Heavy Rocket ini tidak hanya untuk low orbit saja, bahkan untuk perjalanan ke bulan dengan rocket yang dapat dipakai berulang-ulang.


Oke kembali ke mobil tesla yang dikirimkan keluar angkasa tersebut menurut Elon Musk agar menjadi monument bagi manusia. Karena dia memperkirakan jika semua mobil di bumi punah, tesla roadster tersebut akan menjadi mobil terakhir karena terabadikan di luar angkasa. Meski sebenar ini tidak mungkin secara science. Karena radiasi diluar angkasa, kemudian debris yang ada pasti akan membuat mobil ini cepat rusak. Namun tampaknya Elon cukup serius dengan ucapannya bahkan membuat pcb khusus untuk mobil tesla ini yang bertuliskan "Made on Earth by Humans". Memang tidak ada impossible joke bagi seorang CEO sekelas Elon Musk.

No comments:

Post a Comment