Monday, February 26, 2018

Launching Samsung S9 & S9+


Samsung telah melakukan press release untuk Samsung S9 & S9+ kemarin pada 25 Februari. Berikut adalah beberapa detail yang perlu diketahui bagi yang berminat dengan S9. Pertama adalah pre order untuk sejumlah negara mulai dibuka pada 2 Maret 2018 & barang mulai dikirim pada 16 Maret 2018. Untuk Indonesia sendiri jika melihat record Samsung dari tahun-tahun sebelumnya untuk seri S biasanya tidak terpaut jauh dari rilis pertama. Kemungkinan hanya selisih antara 2 hingga 6 minggu dari rilis pertama tersebut. Indonesia merupakan salah satu pasar Samsung yang paling menjanjikan di Asia Tenggara.


Berikutnya bagi yang menganggap jack 3,5mm itu penting. Yes untuk S9 & S9+ jack 3,5mm tetap ada. Samsung belum berpindah pada jackless design seperti pabrikan lain. Bagi sebagian orang yang memiliki koleksi earphone & headphone kelas audiophile tentunya ini merupakan kabar yang cukup menggembirakan. Namun jika Indo Gadget lebih memilih DAC External untuk memainkan looseless audio file yang melalui port usb c daripada melalui jack 3,5mm yang telah diolah oleh DAC smartphone. Namun tiap orang memiliki preferensi sendiri untuk menikmati audio file on the go. Selain itu S9 & S9+ akhirnya memiliki speaker stereo.

Untuk Desain tidak telalu banyak perubahan dibandingkan dengan S8 & S8+.  Perubahan desain yang radikal setiap tahun menurut Indo Gadget tidaklah diperlukan. Terutama jika ingin membangun brand yang kuat. Sebuah desain yang bagus dengan minor desain adjustment setiap kali upgrade cycle justru lebih baik untuk membangun brand, dari pada setiap upgrade cycle melakukan perubahan desain yang radikal. Membuat konsumen lebih mengingat akan sebuah produk. Perubahan dari segi desain dan dimensi termasuk minor jika dibandingkan S8 & S8+. Perubahan yang paling penting adalah pada S9 & S9+ ada tepat di tengah & berada dibawah kamera. Ini sangat bagus sekali karena memudahkan untuk penggunaan kanan & kiri, tidak seperti pada S8 & S8+ lalu yang letak fingerprintnya tidak pas di tengah & menganggu saat penggunaan kanan & kiri. Dengan diletakkan pas ditengah tentunya lebih ergonomis.

Fitur dari S8 & S8+ yang tetap ada adalah bixby personal assistant. Meski tidak memperoleh penerimaan yang bagus, namun samsung tetap bertahan dengan ide ini. Mungkin ini salah satu key Succes Samsung dibanding LG. LG kerap kali meninggalkan sebuah ide jika merasa ide tersebut tidak terlalu diterima pasar. Selain itu Samsung DEX juga tetap ada dengan minor upgrade. Dan tentu saja ada fitur baru yang samsung copy dari Apple, yaitu animoji pada iPhone X kini di S9 & S9+ ada fitur yang serupa.

Peningkatan paling terasa dibandingkan model tahun sebelumnya hanya berada di sektor kamera. Banyak sekali peningkatan pada sisi kamera, Indo Gadget akan membahas kamera S9 & S9+ dalam artikel yang berbeda. Jadi jika sudah memiliki S8 & S8+ atau mungkin S7, upgrade ke S9 & S9+ bisa ditunda untuk S10 saja. Jika berasal dari S6, S9 & S9+ ini merupakan upgrade yang sangat terasa sekali


No comments:

Post a Comment