20180227

Nokia Kembali Reboot Old Seriesnya


Di MWC 2018, Nokia 8110 kembali muncul dalam ajang MWC setelah 22 tahun lalu untuk pertama kalinya nokia 8110 dimunculkan oleh Nokia didalam ajang MWC 1996. Kali  ini Nokia 8110 kembali dengan desain yang telah dimodernkan, seperti halnya Nokia 3310 yang juga mengalami Reboot pada MWC 2017 lalu. Tampaknya Nokia akan terus mereboot sejumlah feature phone mereka yang legend. Strategi ini sebenarnya tidak salah, namun kesannya Nokia menjadi seperti perusahaan tua yang tidak bisa lepas dari bayang-bayang kejayaan masa lalunya.


Nokia 8110 merupakan series yang terkenal di Indonesia sebagai Nokia pisang karena bentuknya memang curve dengan sliding. Sehingga mirip pisang. Model ini semakin terkenal setelah muncul di film sci fi The Matrix. Sehingga 8110 menjadi salah satu ponsel nokia yang iconic seperti halnya 3310. Julukan Nokia Pisang atau banana tampaknya tidak hanya di Indonesia saja. Terbukit pada versi Rebootnya Nokia 8810 4G tampil dengan warna kuning. Menjadi semakin mirip pisang.

Namun dengan body berwarna-warni ini sebenarnya 8110 seperti kehilangan soulnya. Dulu nokia seri 8 adalah nokia untuk eksekutif, sebuah simbol kemapanan. Sementara seri 3 itu merupakan untuk kelas lifestyle untuk anak muda. Namun pada versi reboot ini 8110 berubah menjadi kelas life style untuk anak muda. Namun anak muda sekarang tidak ada lagi yang mengenal seri 8110. Berbeda dengan 3310 yang masih sering menjadi meme di 9gag, dll. Jika fungsi reboot ini adalah untuk nostalgia, jadikanlah pengguna lama sebagai target utamanya. Sangat tidak tepat sasaran jika untuk 8110 untuk menyasar pengguna baru. Terutama keunggulan utama dari feature phone adalah ketahanan baterainya yang jauh diatas smartphone, sebenarnya lebih banyak dibutuhkan oleh pembisnis. Anak muda sekarang lebih membutuhkan sosial media & mereka lebih beradaptasi dengan membawa powerbank. Jadi dari segi tampilan warna yang ditawarkan Nokia 8110 4G yang berwarna kuning sudah tidak tepat, apalagi jika hanya ingin menyatir julukannya sebagai nokia pisang.

Mengusung Smart Feature OS yang sederhana & hemat tenaga. Namun cukup mengakomidir untuk sosial media seperti facebook & twitter. Tidak untuk instant messaging seperti WA, Line, dll. Tersedia google maps dalam versi untuk OS ini, namun karena bukan layar sentuh semua navigasi di maps akan menggunakan tombol yang tentunya sangat tidak nyaman jika dibandingkan pengalaman di Android & iOs.


Baterainya pun diklaim sangat hemat dengan waktu standby hingga 25 hari. Dengan 4G LTE tentunya 8110 ini dapat dijadikan sebagai mobile hot spot yang dapat dihandalkan. Dilengkapi kamera 2 MP yang bahkan tidak cukup untuk bersosial media. Jadi 8110 4G reboot ini hanya cocok untuk sebagai hp untuk telepon & sms saja atau untuk mobile hot spot dengan extra small feature. Prediksi Indo Gadget, tidak akan viral 3310 yang keluar tahun lalu. Karena sebenarnya hp ini hanya gimmick nostalgia saja yang sudah tidak pas untuk jaman sekarang.

No comments:

Post a Comment