20180220

Removed 3,5mm, Good or Bad???

Setelah Apple menyingkirkan jack 3,5mm dari iPhone 7 pada 2 tahun lalu, yang kemudian diikuti oleh sejumlah Android yang juga menyingkirikan jack 3,5mm yang merupakan "ancient" teknologi. Kemudian masing-masing pabrikan menyertakan earphone yang sesuai, untuk iPhone tentunya menggunakan lightning connector sementara pada android menggunakan USB C. Dengan semakin banyaknya devices yang sudah menggunakan USB C tentunya kedepannya devices yang ikut trend untuk menyingkirkan jack3,5mm akan semakin banyak. Tentunya dalam beberapa tahun kedepan mungkin smartphone dengan jack audio ini akan punah.


Lalu apa pengaruhnya terhadap dunia audio dengan perubahan ini? Perubahan yang muncul tentu sangat besar dan fundamental. Jika sebelumnya DAC (Digital to Analog Conventer) yang merubah music digital menjadi gelombang analog ada didalam smartphone. Dimana berarti kualitas suara akan dipengaruhi oleh DAC yang digunakan oleh smartphone tersebut. Sehingga earphone kelas bawah (asal bukan yang bawah sekali) dengan kelas menengah tidak akan terlalu berbeda karena DAC nya sama. Kualitas suara dari earphone mahal akan bottleneck di DAC yang digunakan oleh smartphone tersebut.

Dengan perubahan ini DAC berada pada earphone, tidak lagi ada pada smartphone. Dengan perubahan ini kualitas suara dari earphone murah entry level akan terasa berbeda sekali dengan mid entry, dan untuk yang earphone kelas atas tentunya akan semakin berbeda lagi. Karena jika dulu kualitas earphone hanya dipengaruhi kualitas konektor, kabel, & drive (speaker) yang dipakai. Kedepannya juga akan dipengaruhi chip DAC yang digunakan. Tentunya earphone murah tidak akan menggunakan DAC yang bagus, mereka akan menggunakan DAC seadanya. Sementara tentunya earphone yang lebih mahal akan menggunakan DAC yang lebih baik.

Imbas negatif tentunya harga earphone akan mengingkat, karena ada komponen tambahan yang harus ada. Namun sisi positifnya adalah kualitas suara akan benar-benar dipengaruhi oleh earphone bukan lagi smartphone. Jika sebelumnya menggunakan earphone mahal di hape murah suaranya tidak akan sebagus jika digunakan bersama hape flagship karena kualitas DAC hape entry dengan flagship tentunya berbeda. Kini Jika anda memiliki earphone dengan DAC yang bagus, kualitas suara akan dapat tetap sama baik digunakan di smartphone entry level maupun flagship. Karena semuanya diproses didalam earphone.

External DAC seperti inipun akan tergerus pasarnya.

Kapankah ini akan terjadi? Menurut Indo Gadget setidaknya dalam 3-5 tahun kedepan semua smartphone akan mengikuti trend ini dan menyingkirkan jack 3,5mm. Yang pasti bagi penggemar audiophile yang budget tanpa batas tentunya ini dapat menjadi sesuatu yang menggembirakan, karena mereka tidak perlu lagi membeli DAC external. Cukup membeli earphone top of the line dengan best component.

No comments:

Post a Comment