20180228

Review : Epson L365 dengan SUN DURA ULTRA Art Paper Ink

Redaksi Indo Gadget baru menambah printer baru tentunya harus direview. Karena Indo gadget sering kali mencetak brosur dalam jumlah kecil untuk berbagai keperluan. Mencetak diluar terus menerus kami hitung menjadi tidak ekonomis terutama indo gadget sering kali memerlukan brosur dengan jumlah sekitar 300-500 lembar. Yang tentunya cetak jumlah kecil tidaklah ekonomis. Akhirnya kami memutuskan untuk mencetak sendiri brosur sendiri.



Untuk itu kami melakukan riset untuk mencari solusi yang ekonomis & berkualitas untuk mencetak brosur sendiri. Untuk brosur tentunya pilihan kertas adalah art paper. Kertas art paper ini memiliki keunggulan yang waterproof dengan harga yang sangat murah, namun tidak dapat dicetak menggunakan tinta standard dari inkjet printer. Karena kami harus mencari tinta khusus agar printer inkjet dapat mencetak art paper. Kemudian juga mencari printer yang ekonomis untuk mencetak.


Oke pertama untuk Printer, Indo Gadget mencari printer dengan kriteria bandel, ekonomis, & sudah dilengkapi dengan inktank. Saat ini untuk semua kriteria yang Indo Gadget butuhkan diatas ada dua brand yaitu epson & canon. Setelah membanding-bandingkan kedua brand ini & tipe-tipenya, Indo Gadget memilih epson L365. Pertimbangan kami lebih memilih epson karena brand epson sudah sangat berpengalaman dalam membuat printer dengan sistem ink tank. Sementara canon baru saja masuk ke model ini. Selain itu pertimbangan kami lainnya adalah tinta art paper kebanyakan dibuat untuk printer epson. Printer modif tentunya tidak menjadi pertimbangan kami, karena sering trouble.

Epson L365 merupakan printer multi fungsi lengkap dengan scanner dan konektifitas wi-fi. Fasilitas wi-fi ini merupakan fitur yang menjadikan kami akhirnya memilih tipe ini, dengan Wi-fi printer sharing menjadi sangat mudah & tidak lagi memerlukan perkabelan yang ribet. Seri L365 ini terkenal bandel dengan BPM yang cukup tinggi untuk cetak full gambar berwarna. Dan dalam 10 hari sudah kami buktikan sendiri dengan mencetak kurang lebih 2000 lembar brosur ke atas kertas ukuran A4 dengan tanpa kendala. We quite happy for that. Karena untuk mencetak 2000 lembar tersebut berarti printer nyaris dinyalakan nonstop pada jam kerja. Dengan tanpa kendala berarti membuktikan printer ini termasuk handal.

Berikutnya untuk tinta art paper juga kami berusaha mencari product yang berada pada top of the line. Karena jika kualitas tintanya tidak bagus akan berpengaruh ke hasil cetak & juga keawetan printer. setelah bertanya-tanya ke beberapa kolega yang memiliki printer dengan tinta art paper & membandingkan hasil cetak dari beberapa merk tinta art paper yang digunakan kolega kami. Akhirnya Indo Gadget memilih DURA ULTRA Ink dari SUN Indonesia. 

Dari testimoni yang kami dapatkan, printer mereka tidak pernah bermasalah dengan tinta ini. Kata kolega kami, mereka sudah menggunakan tinta ini hampir 2 tahun & printer yang diisi tinta ini tidak pernah bermasalah. Sementara printer mereka yang diisi tinta art paper merk lain mulai bermasalah setelah 1 tahun. Masalah yang timbul biasanya setiap pagi sebelum digunakan harus melakukan head clean terlebih dahulu. Sementara printer mereka yang menggunakan DURA ULTRA Ink meski sudah hampir berumur 2 tahun tidak perlu sering-sering melakukan head clean. Pro tips, kata mereka jika sebuah printer diisi dengan tinta art paper jangan pernah ganti merk lain saat isi ulang. Setiap pabrikan memiliki formula berbeda yang dapat bereaksi saat tercampur, sehingga merusak head printer. Jika ingin berganti merk tinta maka printer harus dikuras oleh teknisi.

Untuk hasil cetakpun setelah kami banding-bandingkan beberapa merk. Hasil dari DURA ULTRA Ink adalah yang paling vivid, cerah, & sedikit glossy. Tinta art paper terkenal dengan hasilnya yang matte & warna yang tidak terlalu kaya. Namun jika melihat hasil cetak dari DURA ULTRA, hasilnya agak glossy, serta warnanya cukup vivid dengan hasil yang sangat mendekati hasil cetak offset. Sedikit lebih cerah dari cetak offset. Sementara merk lain biasanya memiliki warna yang lebih pudar dari cetak offset.

Keduanya menurut Indo Gadget adalah kombinasi yang pas, Epson L365 yang handal bersama dengan SUN DURA ULTRA Ink yang memiliki warna hasil cetak vivid serta aman untuk printer. Benar-benar pasangan yang sempurna. Sekaligus menjadi akhir pencarian kami untuk solusi ekonomis mencetak sendiri brosur dengan kertas art paper. 

No comments:

Post a Comment