Saturday, March 24, 2018

Best Smartphone Camera 2018

Kamera smartphone telah menjadi bagian yang sangat penting dalam lifestyle modern. Karenanya kamera menjadi sisi yang sangat diperhatikan oleh pabrikan smartphone untuk dikembangkan sehingga menarik bagi pembeli. Di tahun 2018 ini, teknologi pada kamera smartphone telah jauh lebih baik daripada 2007 silam saat iPhone 2G mengawali milestone era Smartphone. Saat ini teknologi kamera smartphone telah sangat bagus. Meski untuk keperluan professional masih jauh, namun untuk pemakaian sehari-hari sudah dapat menggantikan semua jenis kamera yang lain. 

Untuk 2018 banyak sekali smartphone yang memiliki kamera dengan kualitas bagus, namun ada 3 kontender yang bisa dikatakan smartphone dengan kamera terbaik di 2018. Ketiganya memiliki keunggulan tersendiri, dan ketiganya akan memberikan hasil yang sangat bagus untuk keperluan pribadi. Ketiganya adalah Pixel 2 XL, S9+, & iPhone X.

Keunggulan Pixel 2 XL adalah dari segi software camera yang didukung oleh google memberikan hasil yang sangat bagus untuk berbagai kondisi pemotretan terutama untuk low light. Kombinasi software dengan aperture f/1.7 menjadikan Pixel 2 XL memberikan perfomance low light yang sangat baik. Meski tidak memiliki kamera kedua pada kamera belakang, pixel 2 xl tetap dapat memberikan bokeh effect, bahkan ini dapat dilakukan juga dengan kamera depan. Selain itu smartphone ini telah dilengkapi sub processor "Pixel Visual Core" untuk memproses HDR+ yang tidak hanya berfungsi untuk camera apps bawaan, namun juga dapat digunakan untuk camera app 3rd party

Keunggulan iPhone X adalah mampu mengambil potrait mode dengan kamera depan dan belakang. Kualitas kamera telephoto lens yang digunakan sama dengan kamera utama. Selain itu juga mampu menambahkan light effect berkat algoritma yang didapatkan dari kedua kamera belakang dan untuk kamera depan karena terbantu oleh true depth camera yang digunakan untuk face id. Kemampuan low light telah lebih baik daripada iPhone 7, sayangnya tidak cukup  bagus bila diadu dengan flagship android lainnya untuk kondisi low light. Namun untuk kondisi pencahayaan yang baik, hasil dari iPhone tetap memberikan hasil yang lebih baik daripada kompetitornya.

Keunggulan dari Samsung S9+ adalah dual aperture untuk kamera utamanya dan ois yang terbaik dari ketiga smartphone ini. Dalam kondisi handheld S9+ memiliki Optical Image Stabiliser yang lebih baik dari iPhone X & Pixel 2 XL. bokeh effect untuk beberapa kondisi juga tampak bekerja lebih baik daripada algoritma iPhone X untuk menentukan object & background. Selain itu dapat diatur seberapa blur dari bokeh effectnya secara real time maupun setelah foto diambil. Namun bokeh effect tidak dapat dilakukan dengan kamera depan.

Ketiga smartphone diatas adalah yang terbaik untuk saat ini dari segi kamera. Namun hampir semua flagship yang ada saat ini dapat memberikan hasil foto yang sangat bagus terutama untuk keperluan sosial media.

Sebagai tambahan untuk penggemar video, smartphone saat ini yang bisa dibilang terbaik untuk keperluan video adalah LG V30 dengan Cine Log File serta tap to zoom. Cine Log File sangat penting untuk color grading sehingga memberikan hasil video yang professional dengan menggunakan kamera smartphone. Namun untuk pengguna casual juga tetap dengan nyaman menggunakan 16 color mode yang ditawarkan LG untuk memberikan warna yang cinematic pada video yang diambil.

No comments:

Post a Comment