Tuesday, March 27, 2018

Future of Gaming Smartphone

Untuk saat ini game mobile masih dipandang sebelah mata oleh para gamer. Game mobile lebih dipandang sebagai casual games yang tidak dimainkan secara serius. Karena itu meski saat ini SOC smartphone semakin powerfull baik cpu maupun gpunya. Manufacturer masih sangat jarang yang membuat gaming smartphone. Para phone maker lebih melirik pasar  yang lebih luas yaitu para pengguna sosial media dengan mempromosikan smartphone mereka dari sisi kamera yang semakin bagus dari tahun ke tahun. Namun pasar gamer smartphonepun semakin besar dari tahun ke tahun, akibat semakin banyaknya games serius yang muncul di smartphone yang membutuhkan specs SOC tinggi. Seperti game bergenre MOBA (mobile battle arena) saat ini sedang banyak diminati, karena element multiplayer & juga graphic yang menawan. Karena banyaknya turnamen alias perlombaan game MOBA menjadikan game ini mulai dilirik gamer serius. Dan mengaburkan pandangan game mobile sebagai game casual.

Trend ini setidaknya mulai dilirik oleh pabrikan seperti Razer yang juga memproduksi laptop khusus gaming. Selain itu Xiaomi juga mulai melirik pasar ini dengan membentuk sub brand Black Shark yang khusus membuat smartphone yang berorientasi game. Gaming Smartphone setidaknya memiliki beberapa key pembeda dari smartphone umum.

Setidaknya berdasarkan trend yang dibentuk oleh Razer Phone, gaming smartphone haruslah memiliki layar yang memiliki refresh rate tinggi 120hz. Refresh layar 120hz ini akan memberikan tampilan yang lebih smooth saat bermain game dan menonton video. Smartphone lain pada umumnya memiliki refresh rate 50hz atau 60hz. Jadi Gaming Smartphone menggunakan refresh rate 2 kali lipat dibanding smartphone pada umumnya. Berikutnya adalah soal suara, speaker pada gaming smartphone sangat diperhatikan. Karena para gamer sangat peduli dengan kualitas suara.

Hal lainnya adalah soal baterai, kapasitas gaming smartphone adalah harus besar untuk menunjang game session yang panjang. Dengan power management yang tidak terlalu agresif dalam melalukan throttling down cpu & gpu, sehingga tidak mempengaruhi performance games. Telah menggunakan teknologi quick charge terbaru. Kemudian memiliki pelepasan panas yang baik. Bermain game berat tentunya akan membuat smartphone cepat panas dan itu juga berlaku untuk gaming smartphone, karenanya pelepasan panas & heat management sangat menjadi perhatian.

Dari segi Optimasi hardware & softwarepun lebih game oriented. Bagi yang selama ini suka melakukan rooting & bermain-main dengan kernel tentunya paham sekali bahwa banyak sekali setting yang harus dirubah untuk membuat smartphone biasa lebih nyaman untuk digunakan bermain game berat seperti genre moba, first person shooter, dll. Untuk gaming smartphone dari sisi user sudah tidak perlu melakukan ini semua, karena telah disetting untuk memberikan gaming experience terbaik. 

Tentunya seperti halnya gaming laptop yang harganya selangit, gaming smartphone pun memiliki harga yang setara dengan flagship smartphone. Karena SOC yang digunakan selalu soc papan atas, seperti pada razer phone yang keluar tahun lalu menggunakan Snapdragon 835, sedangkan black shark yang kemungkinan rilis april nanti akan menggunakan Snapdragon 845 yang sama seperti pada Samsung S9 versi amerika serikat.

Kedepannya pasar gaming smartphone ini akan memiliki trend yang semakin kuat. Jika saat ini baru dimasuki oleh razer & black shark. Kedepannya bisa jadi Dell yang sebelumnya gagal di pasar smartphone akan kembali dengan membawa brand alienware mereka yang sangat terkenal diduania gaming laptop. Atau Asus & Acer yang kuat di pasar laptop, juga ikutan membuat gaming smartphone. Mengingat brand mereka bisa dibilang tidak terlalu berhasil untuk masuk ke casual smartphone. Yang pasti masih banyak peluang yang dapat digali dari pasar ini dalam tahun-tahun kedepan. Terutama sejak munculnya game MOBA yang melibatkan AR di iOs, dimana versi androidnya akan segera bermunculan. Game seperti ini tentunya meminta resource yang jauh lebih besar dari game moba standard yang menjadikan peluang gaming smartphone semakin besar. Yuk kita tunggu pemain besar berikutnya yang masuk kepasar ini.

No comments:

Post a Comment