20180305

LG V30S ThinQ Camera AI


MWC 2018 telah berakhir, dan seperti berita sebelumnya bahwa LG tidak akan menghadirkan penerus G6, namun menghadirkan minor upgrade dari LG V30 yaitu V30S ThinQ. Yang menjadi upgrade sebesarnya dari sisi RAM & Storage saja, pada V30S Thinq RAM bertambah 2GB menjadi total 6GB, & storage kini tersedia dalam 128GB & 256GB. Dari sisi Software seperti pada rumor yang telah beredar pada sebelum MWC 2018, yaitu LG memberikan fitur baru pada kamera V30S yaitu AI.


Diatas kertas fitur AI terlihat menawan, dengan otomatis dapat mempertimbangkan mode kamera yang terbaik untuk kondisi pemotrean. Namun pada devices yang dipinjamkan oleh LG selama MWC 2018, Fitur AI ini tidak semenawan apa yang tertulis. Pada berbagai kondisi pencahayaan tidak terlalu terlihat perbedaannya dengan V30 biasa dengan V30S. Bahkan untuk kondisi tertentu pada wide lens hasil dari V30 justru lebih bagus V30S.

Namun untuk low light & foto makanan hasil V30S memang lebih bagus daripada V30. Dalam kondisi ini saja AI pada V30S baru terasa. Selebihnya hasil diantara keduanya tampak serupa bahkan kadang lebih bagus V30 dalam mode full auto. Namun hal ini tentu saja, karena secara hardware kamera tidak ada perubahan sama sekali, hanya dari segi software saja yang berbeda diantara keduanya. Dan untuk kamera V30 yang merupakan flagship 2017 termasuk top of the line dari segi kamera, yang sebenarnya tanpa tambahan fitur AI ini sudah memberikan hasil yang bagus. Terutama untuk landscape fotografi dengan kamera wide angle lensnya luar biasa sekali & memberikan hasil yang unik yang tidak ditemukan pada smartphone lain.

Kesimpulannya V30S ThinQ Camera AI-nya adalah gimmick. Namun kemudahan untuk image search pada V30S adalah pembeda yang lebih menarik daripada fitur AUTO AI pada kamera. Karena fitur Auto pada V30 sebelumnya sudah sangat bagus & get the job done. Dan karena ini hanya berupa software, ada kemungkinan bakal ada patch agar V30 standard dapat menggunakan fitur AI ini baik secara official maupun unofficial. Yang benar-benar menjadi catch bagi V30S adalah upgrade storage saja & juga RAM tentunya. 

No comments:

Post a Comment