Friday, March 9, 2018

Notch the New Trends in Smartphone World


Saat Apple merilis iPhone X 6 bulan lalu dengan notch pada bagian atas pada bezelless desain mereka. Hampir semua pabrikan smartphone mencibir desain tersebut, kini setelah 6 bulan ternyata banyak pengikut aliran desain tersebut. Ini seperti fenomena Cool kid yang mengunakan weird new fashion,  yang kemudian diikuti oleh hampir semua anak disekolah. Desain notch pada iPhone X memang memberikan semacam mix feeling antara like & dislike.



Pada saat di homescreen notch yang ada memang terlihat cukup keren & stand out dari smartphone lainnya. Namun saat berada di app, terutama game app yang penggunaannya adalah landscape, notch iPhone X terasa sangat menganggu sekali. Kekurangan lain dari adanya notch ini adalah space untuk icon notification akan sangat berkurang. Namun tampaknya karena sales record dari iPhone X sangat tinggi meski tidak mencapai target yang ditentukan Apple, namun angkanya masih tetap luar biasa. Karena sales yang bagus ini dibaca sebagai keinginan pasar oleh produsen lain, sehingga di 2018 ini kita akan melihat banyak sekali smartphone baru dari banyak pabrikan untuk berbagai price range yang akan menggunakan notch seperti iPhone X. Dengan kata lain mereka mengikuti bahasa desain iPhone X untuk memberikan pada pasar feel seperti iPhone X dengan harga lebih murah. Dan kita seakan kembali De Javu dengan era 2009 - 2010 disaat era semua smartphone masih berusaha ingin terlihat seperti iPhone dengan bargain price.

Berikut adalah beberapa smartphone 2018, baik yang sudah pasti menggunakan notch seperti iPhone X maupun yang masih berupa rumor :

  • Huawei P20 lite, P20, P20 Pro
  • Asus Zenfone 5
  • Sharp Aquos S3
  • Oppo R15
  • Vivo X21
  • LG G7 (rumor)
Dan masih banyak lagi dari berbagai pabrikan kecil yang tidak terlalu ternama yang juga menggunakan desain notch seperti pada iPhone X. Bahkan Google sendiri menurut rumor juga akan menambahkan Notch kedalam android P. Sehingga nantinya smartphone yang memiliki Notch dengan Android P sebagai OS-nya tidak mengalami glitch tampilan seperti beberapa contoh android entry level dengan notch design yang ditampilkan pada MWC 2018 lalu. Dengan terintegrasi kedalam pemograman os-nya tentunya user interface & user experience akan lebih baik, daripada sekedar skin yang agak asal-asalan dari pabrikan kecil tersebut. Sedangkan pada Asus Zenfone 5 yang merupakan pabrikan yang lebih mature tentunya mereka lebih mampu mengatasinya tanpa terlalu banyak campur tangan Google.

Tampaknya tetap harus diakui Apple masih akan tetap menjadi trend center di dunia smartphone hingga beberapa tahun kedepan.

No comments:

Post a Comment