20180331

Ready Player One, Visualisasi Gaming Masa Depan Yang akan Hadir Lebih Cepat Daripada Filmnya


Ready Player One yang baru tayang pada minggu ini dan merupakan karya terbaru dari sutradara legendaris Steven Spielberg. Menggambarkan dunia masa depan pada 2045, dimana dalam dunia yang sudah semakin kritis sumber daya alamnya dan membuat manusia semakin berinteraksi dalam dunia game yang dalam film ini disebut oasis.


Meski dalam film ini bersetting 2045 atau sekitar 27 tahun lagi. Namun secara teknologi, dunia game seperti dalam film ini akan dapat dicapai lebih cepat terutama semakin berkembangnya teknologi VR (virtual reality) & juga AR (augmented reality), serta jaringan broadband internet yang semakin cepat. Hanya dalam hitungan tahun dari sekarang kita dapat mengalami sendiri sebuah dunia virtual yang MMO (Massive Multiplayer Online) seperti Oasis dalam film ini. 

Teknologi VR saat ini sudah mampu memberikan sensasi yang nyata seperti masuk kedalam dunia game, bahkan telah banyak tool tambahan untuk membuat VR semakin nyata. Seperti kursi hydrolic yang dapat mengikuti gerakan seperti dalam game untuk memberikan sensasi gerakan seperti dalam game misalkan balap mobil. Bahkan suit yang dapat memberikan sensasi sentuhan seperti dalam film inipun saat ini sudah mulai dikembangkan. Mungkin hanya dalam 5 hingga 10 tahun dari sekarang kita sudah dapat menikmati game seperti OASIS ini. 

Karena film ini dibuat berdasarkan novel, tentunya saat novel tersebut dibuat tahun 2045 tersebut seakan timeline yang pas untuk dunia yang sangat emerge kedalam sebuah dunia game virtual. Namun untuk saat ini mungkin hanya pada kisaran 2030, bisa jadi semua menghabiskan waktunya dalam dunia virtual seperti pada game ini yang meliputi bermain, bekerja, & belajar.

No comments:

Post a Comment