Thursday, March 1, 2018

Samsung S9 & S9+, What You Get With New Camera


Perubahan yang sangat besar dari S9 & S9+ mungkin dapat dikatakan adalah dalam segi kameranya. Sehingga untuk kameranya saja layak untuk ditulis dalam artikel tersendiri. Banyak sekali hal yang dilakukan oleh Samsung untuk membuat kamera di S9 & S9+ menjadi lebih baik daripada S8 & kompetitornya. Under the hood ada perubahan yang sangat radical untuk memberikan hasil foto yang lebih baik.


Hal baru yang diberikan oleh di S9 & S9+ seperti pada rumor yang pernah Indo Gadget tulis sebelumnya. Di S9 & S9+ ini adalah smartphone flagship pertama yang menggunakan variabel aperture. Ada 2 aperture pada kamera utama dari smartphone ini yaitu f/1.5 & f/2.4. Dengan dua aperture ini, kamera dari S9 & S9+ akan lebih mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi pencahayaan. Misalkan dengan kondisi cahaya yang cukup terang dapat menggunakan f2.4, sedangkan dalam kondisi low light dapat menggunakan f/1.5. Dengan variable aperture ini adalah pertama kalinya dalam smartphone user memiliki kebebasan untuk mengatur aperture yang digunakan. Tidak lagi terkurung dalam fix aperture, seperti pada smartphone lainnya.

Dengan aperture f/1.5 juga akan memberikan low performance yang sangat baik. Karena akan memberikan cahaya masuk yang lebih banyak. Artinya dapat menggunakan ISO yang lebih rendah & shutter speed yang lebih cepat. ISO yang rendah berarti foto yang dihasilkan akan memiliki noise yang lebih sedikit. Sedangkan shutter speed yang lebih cepat pada saat low light akan memberikan kemungkinan gambar blurring yang lebih rendah. Dengan f/1.5 memperoleh foto yang tajam dengan noise sedikit pada saat low light akan lebih mudah dibandingkan smartphone lainnya yang ada di market saat ini.

Selain dengan bermodal F/1.5 dan juga OIS (Optical Image Stabilizer), S9 ini juga memiliki fitur multiframe image reduction. Yaitu dengan mengambil foto saat low light hingga beberapa frame sekaligus. kemudian menggabungkan semuanya untuk memperoleh foto yang minim sekali noisenya dengan ketajaman yang lebih baik dari pada jika fitur ini di off kan. Gambar menjadi lebih tajam dan minim blur karena foto diambil dengan shutter speed lebih tinggi. Teknik ini sudah biasa dilakukan fotografer di era digital ini untuk mengambil foto landscape pada malam hari, dengan menaikkan iso & shutter speed tinggi kemudian mengambil beberapa foto dan kemudian menggabungkannya secara software. Fitur multiframe image reduction ini pada S8 juga ada, namun dari segi kecepatan prosesnya tidak dapat dibandingkan dengan S9. Karena pada S9 untuk memproses multi image noise reduction ini pada sensor kameranya sudah memiliki dedicated memory (DRAM) yang khusus untuk melakukan semua image processing.

Berikutnya untuk sisi video S9 juga meningkatkan kemampuan slow motionnya menjadi Super Slow Motion. Dengan 960FPS pada resolusi 720P. Dengan 960FPS ini hasilnya slow motionnya akan sangat bagus sekali, sungguh surrealis. Dan Samsung sudah melengkapinya dengan AI yang dapat mendeteksi gerakan dan otomatis memperlambat pada bagian tersebut saat playback. Meski Sony ZX 2 juga memiliki 960FPS pada resolusi 1080P yang lebih tinggi, namun Sony ZX 2 belum dilengkapi dengan fitur AI seperti pada S9.

Secara keseluruhan kamera dari S9 ini sangat menjanjikan dan  yang terbaik untuk saat ini. Update yang sangat pas bagi penggemar Phone Photography.

No comments:

Post a Comment