Wednesday, April 4, 2018

Battle Royale Game Mobile

Game bergenre Battle Royale saat ini sedang populer di dunia game mobile bersaing dengan game MOBA. Setidaknya saat ini ada 2 game battle royale yang sangat populer yaitu Rules of Survival & PUBG Mobile. PUBG Mobile merupakan adaptasi dari game PC & X-Box berjudul sama. Rules of Survival & PUBG Mobile memiliki game play yang serupa dengan tampilan yang kurang lebih sama. Selain 2 game ini masih ada beberapa game serupa lainnya di apple appstore & google playstore. Namun selain 2 judul ini, sisanya cukup sepi pemain.


Rules of Survival lebih dulu hadir daripada PUBG Mobile. Dan sebelum PUBG Mobile keluar, rules of survival dianggap sebagai adaptasi tidak resmi versi mobile gaming dari PUBG. Untuk saat ini popularitas PUBG Mobile sudah berhasil melampaui Rules of Survival, karena juga didukung oleh komunitas game pc & xbox nya yang sangat kuat. Keduanya memiliki element yang sangat mirip. Yang berbeda hanya peta. Namun gameplay dari keduanya sangat mirip. Keduanya juga cukup lancar untuk dimainkan bahkan dengan koneksi yang tidak terlalu lancar. Bahkan yang paling aneh adalah dengan koneksi yang digunakan untuk bermain game MOBA sudah ngelag-lag, namun untuk PUBG Mobile & Rules of Survival masih lancar & playable.

Tujuan dari game ini adalah yang menjadi player terakhir yang bertahan di sebuah pulau berhadapan dengan total 100 Player. Game ini dapat dimainkan secara team 4 orang, team 2 orang, & solo player. Keunggulan bermain team, tentunya jika ada player yang knock out namun belum killed dapat diheal oleh player lain. Jika bermain solo saat knock out dipastikan bakal mati karena tidak ada player lain yang ngeheal. 

Kedua game ini memiliki grafis yang kurang lebih setara. Untuk memudahkan permainan pilihlah setting grafis tertinggi yang dapat dicapai oleh smartphonemu. Setting grafis yang lebih tinggi berarti jangkauan pandangnya lebih jauh dan sangat berguna untuk menghabisi player lain dari jarak yang jauh. 

Untuk gameplay keduanya sama. 100 player saling berhadapan. Pada awalnya semua player tidak memiliki equipment apapun dan diterjunkan dari pesawat ke sebuah pulau. Pemain dapat memilih sendiri timing mereka terjun dari pesawat untuk memilih landing site. Yang kemudian pemain perlu masuk ke berbagai bangunan yang ada didalam pulau untuk mengumpulkan senjata, asesories senjata, amunisi, berbagai macam granat, helm, vest, pakaian, & obat-obatan untuk heal diri sendiri. Jadi sebuah site yang memiliki loot senjata bagus akan ramai dipilih pemain, sementara site yang lootnya tidak terlalu bagus akan lebih sepi pemain. Kadang memilih landing site yang sepi dengan loot yang tidak terlalu bagus akan lebih baik daripada memilih landing site yang bagus. Karena ditempat ramai bisa jadi bertemu player lain sebelum sempat looting senjata. Di tempat dengan loot biasa saja dapat menjadi pilihan yang lebih baik, karena setelah kita berhasil membunuh player lain kita dapat merampas item mereka.

Selain loot dari bangunan, dalam game ini juga ada crate yang dijatuhkan dari pesawat setiap periodik. Item loot dari crate lebih bagus daripada yang ada didalam bangunan. Crate juga dapat digunakan sebagai pancingan untuk membunuhi player lain. Daripada langsung mengambil isi crate dan kemudian terbunuh oleh player lain, akan menjadi strategi yang lebih baik untuk bersembunyi di tempat tinggi sambil mengawasi crate tersebut dan membunuh semua player lain yang mendekat.

Dalam game-game battle royale seperti ini juga tersebar berbagai macam kendaraan di map yang dapat digunakan player untuk menempuh jarak jauh lebih cepat. Untuk permainan team, satu player akan berfungsi sebagai drivers sementara player lain dapat berfungsi sebagai gunner. Kendaraan menjadi vital karena semakin lama playzone akan semakin mengecil dan diluar playzone akan menjadi restricted area yang jika terlalu lama dalam restricted area akan mati. Belum lagi juga akan ada No Zone yang ditandai dengan warna merah di peta. Area No Zone akan dibombardir oleh bom dari udara.

Lama satu ronde game ini sangat bervariasi. Karena tidak dapat respawn. Jadi jika sudah terbunuh berarti game over untuk game tersebut. Namun dari awal hingga mencapai end game dan menjadi pemenang rata-rata sekitar 15 menit permainan akan berakhir dengan munculnya 1 orang atau 1 team pemenang yang bertahan sampai akhir.

Game ini bisa jadi menjadi trend baru yang menggantikan dominasi game moba pada mobile gaming. Dari kedua game ini menurut Indo Gadget cukup berimbang, mana yang lebih baik? Sebaiknya dengan melihat jumlah player aktifnya saja. Pilihlah yang player aktifnya lebih banyak karena akan lebih menyenangkan daripada yang player aktifnya sedikit. 

No comments:

Post a Comment