20180411

BlackMagic Design Pocket Cinema Camera 4K


Bagi para videografer nama Blackmagic Design tentunya sudah tidak asing lagi. Mereka terkenal sebagai penyedia kebutuhan produksi videografer mulai dari kamera hingga video editing card serta software untuk color grading Davinci Resolve yang terkenal dengan hasilnya yang bisa dibilang  hasilnya mendekati hollywood standart. Untuk kamera Blackmagic design mulai dari prosumer hingga full professional. Untuk kelas prosumernya selama ini andalannya adalah Blackmagic Pocket Cinema Camera yang memiliki ukuran sekitar mirrorless. Cukup kecil dan portable dengan dynamic range 13 stop video raw yang bagus sekali untuk melakukan color grade baik dengan davinci resolve, final cut, maupun premiere pro. Pocket kamera ini telah keluar cukup lama dan hingga saat ini hasilnya tetap sangat bagus untuk kelas prosumer. Namun max resolution yang hanya 1080P menjadikan kamera ini perlu upgrade agar lebih sesuai kebutuhan videografer prosumer saat ini yang menhendaki 4k recording.


Karena itu Blackmagic design akan segera merilis Blackmagic Pocket Cinema Camera  4K sebagai upgrade mereka untuk kelas prosumer. Namun berbeda dengan generasi sebelumnya. Pocket Cinema Camera 4K ini memiliki ukuran yang lebih besar dari generasi sebelumnya, secara dimensi mendekati ukuran DSLR atau mirrorless sony 7d III. Dengan warna full hitam dengan desain yang tampil lebih kokoh dari generasi sebelumnya. Jika generasi sebelumnya lebih bergaya hipster, pada generasi baru ini lebih tampil professional.

Untuk 4K recordingnya sudah bisa 60FPS baik dalam mov, prores maupun raw. Untuk storage menggunakan SD Card, CF ver 2, & External SSD melalui USB C. Selain USB C, kamera ini telah dilengkapi dengan Mini XLR input untuk professional audio, full size HDMI untuk video output, 3D LUTS, & Bluetooth. Port USB C selain bisa untuk external storage juga dapat digunakan untuk charging.

Untuk Sensor menggunakan ukutan 4/3, 13 Steps dynamic range, dual iso 25.600. Sehingga kamera ini dapat memberikan hasil yang bagus untuk hdr & sekaligus low light performance. Selain itu karena menggunakan processing unit yang digunakan pada URSA sehingga footage dari pocket cinema camera 4k ini dapat digunakan bersama footage dari kamera lain yang lebih professional tanpa ada perbedaan kualitas yang terlalu mencolok. Untuk lens mountingnya tetap menggunakan Micro Third Four. Sehingga pilihan lensa untuk kamera ini cukup banyak. Selain itu kamera ini juga dilengkapi dengan layar 5" touchscreen untuk navigasi. Namun tetap tersedia banyak tombol analog untuk navigasi kamera serta optional external remote.

Untuk harga termasuk ekonomis bagi videografer prosumer yang serius. Dibanderol $1295. Lebih mahal $300 dari versi sebelumnya. Namun harga ini termasuk murah karena sudah termasuk software Davinci Resolve Studio. Sayangnya saat ini Pocket Cinema Camera 4k ini belum dapat melakukan pre order, masih coming soon.

No comments:

Post a Comment