Monday, April 2, 2018

Mi Mix2s, Xiaomi Tetap Bertahan dari Gempuran Notch

Sejak september 2017 lalu, dunia smartphone kembali diguncang oleh apple dengan munculnya iPhone X dengan desain notchnya. Meski bukan smartphone pertama yang memiliki notch, namun iPhone X adalah yang pertama membuatnya populer. Meski awalnya banyak pabrikan yang mencibir desain tersebut, seperti yang sudah diprediksikan hampir semua smartphone 2018 mengikuti langkah Apple dengan membuat desain notch. Saat ini baru 3 pabrikan besar yang memastikan flagship mereka tidak menggunakan notch desain di tahun 2018, yaitu samsung, sony, & xiaomi. Sementara pabrikan lain berlomba-lomba mengeluarkan smartphone dengan notch versi mereka.


Meski sebelum 27 Maret 2018 lalu sempat beredar kabar bahwa Mi Mix2S akan memiliki notch kecil yang terletak di atas kanan layar. Namun kabar burung tersebut terbukti tidak benar setelah Xiaomi melaunching produk ini pada 27 Maret lalu. Menjadikan Xiaomi adalah pabrikan ketiga setelah Samsung & Sony di 2018 ini yang tidak ikut-ikutan menggunakan notch pada produk flagship mereka. Sebab pada hari yang sama tersebut Huawei juga mengumumkan P20 lite, P20, & P20 Pro sebagai penerus P10 dan mereka menggunakan Notch. Bukan kami di Indo Gadget membenci Notch Design. Hanya kami sangat berharap pabrikan besar tetap mempertahankan gaya desain mereka masing-masing. Namun tampaknya pesona untuk menjadi "cheaper alternatif of iPhone X" menjadi pilihan banyak pabrikan smartphone di 2018 ini.

Ok kembali ke Mi Mix 2S, meski tidak mengikuti gaya desain notch ala iPhone X namun mix2s tetap memiliki element desain yang diambil dari iPhone X. Yaitu untuk desain kamera pada Mix2s ini mengambil desain dari iPhone X. Mulai dari dual camera yang disusun vertikal hingga peletakkannya mirip dengan iPhone X. Untuk hasil gambarnya meningkat cukup jauh dibandingkan versi Mi Mix2. yang pada tahun lalu termasuk mengecewakan untuk sebuah kamera flagship. Untuk Mix 2s ini sebenarnya hasilnya tetap dibawah Samsung S9 & jika dibanding iPhone X juga dalam beberapa kondisi Mi Mix2s yang katanya sudah dilengkapi AI Camera ini masih kalah dibanding iPhone X. Terutama white balancenya yang cenderung meleset ke kuning. Namun bisa jadi karena saat ini masih menggunakan OS Demo sehingga WB masih bermasalah. Mungkin pada versi finalnya nanti WB akan lebih tetat.

Untuk SOC nya menggunakan Snapdragon 845 yang sama seperti S9 versi Amerika. SOC yang powerful ini tentunya akan memberikan experience yang luar biasa untuk penggunanya. tersedia dalam 3 varian yaitu 6GB RAM + 64GB Internal, 6GB RAM + 128GB Internal, & 8GB RAM + 256GB Internal. Untuk storage tidak tersedia expendable slot. Jadi jika memilih Mi Mix2S tentunya varian internal terbesar adalah pilihan yang paling logis mengingat harganya juga masih jauh dibawah S9. Untuk varian terrendah memiliki harga RMB 3299 atau sekitar 7,2 juta rupiah. Kemudian varian tengahnya 3599 atau sekitar 7,8 juta rupiah. Dan untuk varian tertingginya RMB 3999 atau sekitar 8,7 Juta Rupiah. Tentunya untuk sebuah smartphone flagship dengan desain premium seperti Mi Mix 2 harga tersebut tergolong murah. Semoga Mi Indonesia memasukan Mi Mix 2 secara resmi ke Indonesia.

No comments:

Post a Comment