20180427

PCX Hybrid Motor Hybrid Pertama Di Indonesia

Honda menghadirkan motor roda dua yang menggunakan teknologi hybrid untuk pertama kalinya di Indonesia. Untuk roda empat teknologi hybrid sudah sering digunakan terutama untuk meningkatkan keiritan mesin. Lalu untuk skutik premium honda yang sudah terkenal irit apakah fungsi dari mesin Hybrid ini? Ternyata tujuan penambahan mesin teknologi hybrid untuk meningkatkan perfomance dari PCX 2018.



Bagi yang belum tahu apa itu kendaraan  hybrid simak nih penjelasan singkat yang Indo Gadget rangkumkan. Kendaraan hybrid adalah kendaraan yang memiliki dua buah mesin, yaitu mesin elektrik dan mesin combustion. Setidaknya ada 2 macam konfigurasi teknologi hybrid yang sering diterapkan di kendaraan. Pertama adalah penggerak menggunakan mesin elektrik, kemudian mesin combustion digunakan untuk menggerakkan generator yang mengisi baterai lithium sebagai sumber tenaga mesin elektrik. Kedua adalah mesin elektrik bersama-sama dengan mesin combustion sebagai penggerak kendaraan, mesin elektrik berfungsi untuk meningkatkan efektifitas mesin combustion.

Pada PCX Hybrid menggunakan konfigurasi kedua. Namun jika biasanya untuk meningkatkan keiritan mesin, pada PCX yang sebelumnya sudah irit bantuan mesin elektrik ini hanya memberikan sedikit peningkatan keiritan bahan bakar. Pihak honda hanya mengklaim bahwa mesin hybrid ini hanya membuat PCX Hybrid lebih irit 2-3% saja jika dibandingkan PCX Standard. Namun dengan konfigurasi baru hybrid ini membuat power & torsi PCX hybrid meningkat hingga 20-30% dibandingkan versi standardnya.


PCX Hybrid ini juga adalah motor Honda kedua yang dijual di Indonesia yang menggunakan driving mode. Sebelumnya driving mode dimiliki oleh CBR250RR yang terkenal tangguh namun juga nyaman dengan 3 pilihan mode berkendara : Comfort, Sport, & Sport Plus. Sedangkan pada PCX hybrid ini memiliki 2 mode utama yaitu Drive Mode & Sport Mode. Drive Mode adalah mode nyaman yang cocok untuk penggunaan harian di perkotaan. Sementara Sport Mode adalah mode yang memanfaatkan secara penuh tenaga tambahan dari mode hybrid, sehingga lebih responsif dibanding mode drive. Selain kedua mode utama ini ada satu mode tambahan yang sebenarnya sub mode dari drive mode dengan perbedaan pada fitur iss yang tidak aktif. Cara untuk berpindah mode sama dengan CBR250RR, yaitu dengan menekan tuas mode pada kemudi.

Dapat dikatakan PCX Hybrid ini adalah skutik 150cc yang tercanggih yang dijual di Indonesia saat ini. Dan yang membanggakan lagi pada nantinya semua PCX Hybrid yang dijual pada pasar international akan diproduksi & dirakit di Indonesia. 

No comments:

Post a Comment