Thursday, May 10, 2018

Final NBMC 2018, Generasi Juara Jago Matematika & Bisnis.

Sumber foto FB Pages SUN Indonesia
National Business Mathematics Competition 2018 atau yang disingkat sebagai NBMC 2018 adalah kompetisi matematika yang sangat unik karena tidak hanya menguji kemampuan matematika yang sifatnya teoritis namun juga menguji kemampuan untuk menggunakan matematika dalam mengambil keputusan bisnis. NBMC ini terselenggara berkat SUN Indonesia yang telah konsisten mengadakan & mensponsori berbagai perlombaan bisnis untuk pelajar & mahasiswa. Sebelum NBMC SUN indonesia telah dua kali mensponsori Entreprepreneur Idea Competition yang merupakan ajang lomba bisnis plan untuk pelajar & mahasiswa. Kompetisi NBMC ini pendaftarannya dibuka mulai maret 2018 hingga 26 april 2018 lalu. Yang kemudian dilanjutkan dengan penyisihan online pada 28 April 2019. Puncaknya adalah pada sabtu 5 Mei 2018 dengan acara semifinal & final yang diadakan di UniKa Widya Mandala Surabaya. 


Dibabak semifinal ini dihadiri oleh 61 semifinalis yang merupakan para peserta yang telah lolos babak penyisihan online pada 28 April. Ke-61 semifinalis ini terbagi dua menjadi 32 semifinalis Junior Level & 29 semifinalis Ordinary Level. Semua semifinalis yang hadir ini akan diuji kembali dalam babak semifinal yang masih tetap menggunakan lembar jawaban komputer. Namun berbeda dengan babak penyisihan, pada babak semifinal ini menurut para peserta soalnya tidak hanya lebih sulit juga diterapkan nilai negatif untuk jawaban yang salah. Dari babak semifinal ini, 3 semifinalis yang memperoleh nilai tertinggi dari masing-masing kategori akan menjadi finalis yang maju ke babak final.

Berikut adalah semifinalis Junior Level yang memperoleh 3 nilai tertinggi dalam babak semifinal.
     • Mark Alexander - 870 - SMP Kr. Petra 1
     • Declan Clifton Wijaya - 355 - SMP Kr. Petra 2
     • Maximilliano Utomo Quak - 300 - SMP Xin Zhong

Berikut adalah semifinalis Ordinary Level yang memperoleh 3 nilai tertinggi dalam babak semifinal.
     • Stanley Ierwanto - 1020 - SMP Cita Hati
     • Samuel - 580 - SMPK Angelus Custos 1
     • Daniel wiratman - 540 - SMAN 15 Surabaya

Nilai yang didapat dalam babak semifinal tidak hanya sekedar untuk meranking semifinalis dan mendapatkan 3 peserta terbaik yang maju ke babak final. Nilai score yang didapat dalam babak semifinal ini akan ditambahkan dengan nilai yang didapat peserta dalam babak final. Selisih nilai tertinggi dalam semifinal cukup jauh jika dibandingkan dengan peringkat dua & tiga, Dan benar sekali saat babak final kedua finalis yang memiliki nilai semifinal tertinggi ini menunjukkan kemampuan matematika & bisnis yang lebih superior dibandingkan finalis lainnya yang saat babak semifinal menduduki peringkat 2 & 3. 

Berbeda dengan babak sebelumnya. Babak final ini para finalis diuji langsung dihadapan dewan juri & penonton lainnya yang terdiri dari peserta semifinalis lainnya, guru pendamping, & orang tua peserta. Finalis diuji dalam 10 soal yang terbagi dalam 2 sesi yaitu analisa data & simulasi bisnis. 

Sumber foto FB Pages SUN Indonesia

Setelah babak final selesai diperoleh juara NBMC 2018 sebagai berikut :
     Junior Level
           Juara 1 Mark Alexander
           Juara 2 Maximilliano Utomo Quak
           Juara 3 Declan Clifton Wijaya

     Ordinary Level 
           Juara 1 Stanley Ierwanto
           Juara 2 Daniel Wiratman
           Juara 3 Samuel

Selamat kepada para Juara NBMC 2018. Semoga tahun 2019 nanti SUN Indonesia kembali mengadakan NBMC. Untuk mengetahui nilai selengkapnya babak semifinal klik disini.

No comments:

Post a Comment