20180515

In Screen Fingerprint Scanner Akan Hadir di Galaxy S10


In screen atau in display fp scanner memang telah dipamerkan oleh VIVO pada ICS 2018 lalu dan telah dihadirkan oleh Huawei untuk Mate RS Porche Design. Menghadirkan sebuah solusi agar FP scanner bisa berada dibelakang layar dan membuat smartphone yang benar-benar bezelless semakin memungkinkan tanpa perlu memindahkan FP Scanner ini ke bagian belakang. Dengan memanfaatkan desain layar oled screen sehingga FP scanner bisa diletakkan dibelakang layar. Pada waktu ICS tersebut bahkan hingga hari ini dari pabrikan besar seperti Apple & Samsung belum ada rumor produk mereka yang sudah berada dalam pipeline produksi yang akan menggunakan in display FP scanner. Bahkan Galaxy Note 9 yang akan launching di bulan Agustus nanti, sebelumnya sempat dirumorkan akan menggunakan teknologi in screen Fingerprint scanner ini ternyata dalam rumor terakhir tetap akan menggunakan fp scanner di rear panel.


Berdasarkan rumor terakhir dan jika memang melihat dari demo VIVO januari lalu bahwa in screen FP scanner ini memang masih terlalu lambat dan harus terus ditingkatkan agar kinerjanya mendekati FP scanner yang ada saat ini. Jadi memang lebih masuk akal bagi Samsung untuk tidak tergesa-gesa dan mulai menggunakan teknologi baru di galaxy S X (ten) yang akan rilis pada maret-april 2019 setelah membuat teknologi tersebut lebih matang. Bisa jadi Samsung akan menggunakan teknologi yang berbeda dengan yang digunakan oleh VIVO & Huawei.

Pada VIVO, FP Scanner memanfaatkan celah pixel pada layar oled untuk memperoleh data sidik jari pengguna. Akibat ada penghalang layar tersebut reaksi in screen FP scanner pada vivo terasa lagging jika dibandingkan FP scanner yang ada saat ini. Bisa jadi Samsung lebih memilih mengembangkan FP Scanner yang menggunakan teknologi ultrasonic untuk mendapatkan data sidik jari pengguna. Teknologi FP scanner ultrasonic memiliki akurasi yang lebih baik dibandingkan FP scanner konvensional yang memanfaatkan sensor cmos ataupun ccd untuk mendapatkan sidik jari. Namun teknologi ultrasonic ini lebih mahal. Jadi jika benar Samsung akan menggunakan teknologi utrasonic di S X nanti. Kemungkinan sepanjang 2019 nanti hanya akan ada dua devices Samsung saja yang menggunakan teknologi ini yaitu S X & Note X. Dipastikan untuk seri A & C yang termasuk mid range Samsung tidak akan mendapatkan teknologi ini 2019.

Lalu bagaimana dengan Apple? Dengan hadirnya iPhone X pada 2017 lalu yang membuang fingerprint scanner. Bisa hampir dipastikan tidak akan kembali menggunakan FP Scanner, Apple akan lebih memilih untuk lebih meningkatkan akurasi true depth camera untuk keperluan Face ID yang kedepannya akan digunakan untuk produk Apple lainnya seperti iPad Mini, iPad Air, iPad Pro, Macbook, Macbook Pro, iMac, & iMac Pro. Meski mungkin fungsi kamera yang terus on bisa jadi kendala etis & privacy, tapi itu adalah untuk artikel yang berbeda.

No comments:

Post a Comment