Thursday, May 3, 2018

LG G7 ThinQ

LG G7 ThinQ akankah berhasil atau gagal? ini selalu menjadi pertanyaan Indo Gadget sejak januari lalu saat LG mengumumkan bahwa peluncuran G7 pada 2018 ini akan diundur tidak mengikuti timeline yang seharusnya bersamaan dengan MWC seperti pada seri G sebelumnya. LG mengatakan alasan pengunduran waktu rilis tersebut mereka akan kembali tahap awal untuk pengembangan seri G G di tahun 2018. Akhirnya LG merilis seri G 2018 ini dengan nama G7 ThinQ. Penyematan ThinQ ini sini seperti pada V30S ThinQ, yaitu penambahan image AI untuk foto.




Oke apakah penambahan waktu sekitar 2 bulan lebih lama dari timeline seharusnya ini mampu menghadirkan G series yang menarik untuk dibeli? Pertama dari layar menggunakan IPS LCD RGBW dengan rasio 19.5:9 menggunakan resolusi 1440 x 3120. Dari segi layar pemilihan panel LCD untuk LG adalah lebih tepat mengingat kualitas OLED dalam beberapa produk mereka sebelumnya yang mudah sekali ghosting. Kemudian dengan menggunakan RGBW menjadikan layar G7 ThinQ memiliki brightness yang mampu terlihat sangat baik termasuk dibawah terik matahari. Dari segi layar tampaknya lebih menjanjikan dibandingkan V30 yang masih mewarisi masalah dari layar seperti seri-seri sebelumnya. Sayang sekali desain layarnya menggunakan desain notch yang digarap setengah-setengah yaitu tetap memiliki chin seperti android ber-notch lainnya.

Untuk kamera belakang tetap menggunakan konfigurasi dual camera dengan 1 kamera utama dengan normal angle & 1 kamera dengan ultra wide angle. Peningkatan dari seri sebelumnya adalah keduanya kini menggunakan 16 megapixel. Kamera utama menggunakan aperture lensa f/1.6 dilengkapi OIS, sementara kamera ultra wide menggunakan aperture f/1.9 dan tetap menggunakan fixed focus seperti generasi-generasi sebelumnya. Kamera depan 8 megapixel dengan f/2.0 dengan dua mode view yang pertama 82º dan yang kedua 90º, yang tentunya berguna untuk selfie & wefie. Sama seperti V30S sudah dilengkapi dengan image AI yang dapat menentukan mode scene secara otomatis sesuai objek yang difoto setidaknya ada  17 mode scene + 1 mode basic. Jika masih mengacuh pada V30S ThinQ hasil AI nya masih tidak sesuai ekspetasi yang digembar-gemborkan LG, karena masih sering kali hasil full auto tanpa AI justru lebih bagus. Desain dual cameranyapun berbeda dengan sebelumnya yang sejak G5 menggunakan desain horisontal kali ini justru tampil vertikal. Tampaknya pengaruh desain Apple sangat besar dalam desain produk Android

Untuk fingerprint scanner berbeda dengan seri sebelumnya yang menjadi satu dengan power button. Pada G7 kali ini power button menjadi dedicated button. Sementara Fingerprint scanner hanya menjadi biometric sensor saja. Untuk letak fingerprint scanner tetap pada bagian belakang seperti sebelumnya. Kemudian selain power button & volume button, G7 juga menyediakan dedicated button untuk Google Assistant. Jika Samsung mencoba membuat virtual assistant sendiri dengan bixby dan tidak terlalu diterima pasar, LG lebih memilih aman dengan tetap menggunakan Google assistant.

Untuk SOC sudah menggunakan Chipset tercanggih yang ada saat ini yaitu Snapdragon 845 yang memastikan performance yang super dikelas flagship. Sayangnya untuk baterai LG tetap bertahan di angka 3000mah. Jika melihat track record LG dengan kapasitas yang hanya 3000mah dipastikan tidak akan cukup untuk melewati 1 hari dengan 1 kali charge. Jadi membawa charger atau powerbank tetap adalah keharusan untuk pengguna LG G7.

Tampaknya dengan melihat fitur & spec yang ditawarkan G7 ThinQ tidak ada yang special & unik yang dapat menjadi buying factor. Tambahan waktu yang dilakukan LG kelihatannya hanya untuk meniru tampilan notch saja dan tidak ada hal lain yang special banget yang membuat smartphone ini layak dibeli diantara pasar Flagship smartphone yang sangat crowded. Setidaknya produk lain sudah menawarkan sesuatu yang khas seperti S9 dengan dual aperture, P20Pro dengan triple camera, xperia dengan 4k HDR, dll. G7 ThinQ ini tidak memiliki factor wow. Kemungkinan produk ini hanya menambah daftar panjang produk LG yang gagal dipasar. LG, You Should DO Better to Stand Out.

No comments:

Post a Comment