20180514

Masa Depan Google Assistant


Google Assistant diperkenalkan untuk menggantikan google now. Dengan fitur yang lebih canggih dan pengenalan bahasa yang lebih baik. Kini google Assistant telah jauh berkembang dan dipastikan oleh google sebelum akhir 2018 google Assistant untuk Indonesia akan mengakhiri masa betanya. Jadi mulai akhir 2018 nanti Google Assistant di Indonesia akan mulai full service.



Selain Google Assistant di Indonesia akan menjadi full service, Google juga menampilkan fitur baru yaitu Google Duplex. Dengan perpaduan antara google assistant & google duplex kita dapat membuat reservasi bahkan untuk bisnis yang tidak memiliki sistem online booking. Jika selama ini dengan google assistant di negara-negara yang sudah full service dengan hanya google assistant kita bisa booking tiket nonton, booking restaurant, booking salon & barber, dll. Namun persyaratannya dari pihak pemilik usaha sudah memiliki website yang bisa melakukan booking online. Jadi google assistant akan membuat booking otomatis ke website-website tersebut sesuai permintaan pengguna. Jika services yang dimau ternyata tidak memiliki website untuk online booking selama ini tentu tidak bisa.

Namun kini google baru saja mengembangkan sistem AI baru yang dapat berinteraksi secara natural sehingga lawan bicara tidak menyadari jika berbicara dengan mesin, yaitu Google Duplex. Dengan kombinasi google assistant & google duplex kini meski services yang kita inginkan tidak memiliki website untuk booking online, tetap dapat melakukan booking secara otomatis. Jadi saat kita memberi perintah untuk membooking misalkan restoran pada hari rabu jam 7 malam dan restoran tersebut tidak memiliki website online untuk google assistant melakukan booking online, maka google duplex akan mengambil alih dengan membuat telepon ke restoran tersebut dan membuat janji booking.

Untuk tahu seberapa kerennya google duplex yuk kita simak presentasi google berikut ini 


Jika bertanya apakah nanti akhir 2018 Indonesia akan mendapatkan google Duplex? kami rasa masih belum dan service Google Duplex masih akan terbatas di US dan beberapa negara. Karena jika AI tersebut gagal, maka akan langsung ditangani oleh human operator. Dan membangun infrastruktur untuk human operatornya tidaklah mudah. Namun mungkin jika duplex ini lancar selama masa beta mungkin sekitar 2020 sudah bisa kita nikmati di Indonesia.

No comments:

Post a Comment